Menyikapi Perselisihan Dengan Suami

Para istri yang dirahmati Allah ,tulisan ini adalah kutipan buku yang membuatku semakin sadar untuk bersikap ketika suami marah, nah …mudah-mudahan ini juga dapat dijadikan langkah jitu untuk bersikap ketika kita sedah berselisih Paham dengan suami yang kita cintai :

 

  1. Jika anda melihat suami Anda marah dan mulai berteriak, memaki dan menuduh , maka tetaplah diam, diam dan diamlah. Teruslah diam kendati hati anda bergemuruh laksana gemuruhnya didihan air periuk. Kendati hati Anda penuh rasa marah dan berontak dari apa yang Anda dengar darinya. Perbanyaklah memohon perlindungan (ta’awwudz) pada Allah dari godaan setan yang terkutuk, dan perbanyaklah istiqfar. Sebab, kedua ucapan itu akan meneguhkan Anda ”dengan izin Allah, Insya Allah akan terbukti.

Duhai istri yang cerdas, apakah bijak dan masuk akal bila Anda menjumpai api menyala lalu Anda justru menuankan bensin diatasnya sembari yakin bensin itu akan memadamkan api!! Aku tak ragu lagi, Anda pasti berkata,”Tidak”

Jika demikian, maka ingatlah Ucapan anda mendebat suami di saat-saat itu adlaah bagaikan bensin yang Anda tuangkan ke hati suami Anda, hingga marahnya pun makin berkobar.

Jika setan datang menipumu, dan berkata.”Debatlah dia. Sekedar agar ia mengerti, lalu ia diam dan sadar.” Anda harus ingat, disaat-saat seperti itu, suami tak akan mengerti, tak akan memahmi, takaakn paham

Tak mungkin dalam iklim panas begitu Anda mampu menyelesaikan masalah. Anda tak mungkin memahamkan saumi Anda dengan ucapan apapun juga. Sebab kalian berdua sedang marah, hilang akal, kejiwaan Anda labil. Saat itu pula, setan mengerahkan seluruh pasukannya.

Tabiat laki-laki yang bersifat nervous (tegang) dan cepat terprovoskasi, bila marah ia tak akan dapat membedakan apa yang ada di depan dan dibelakangnya. Bukan langkah bijak jika Anda ikut terprovokasi saat ia disulit emosi. Tapi jika ia bersika keras, maka kendorkanlah urat saraf Anda; bila ia melunak, maka bersikaplah genit dan manja kepadanya!

 

  1. Apabila anda tipe orang yang gampang emosi dan tidak mampu diam saat perselisihan, maka segeralah Anda keluar dari kamar dimana suami Anda berada.

 

  1. Jika Anda termasuk penyabar dan tenang, Anda jangan diam, tapi cobalah menyedot kemarahan suami Anda disaat itu dengan sentuhan kasih yang Anda sentuhkan ke wajah dan tubuhnya, lalu rengkuhlah ia kedalamnya. Atau senyuman lembut yang memancar dari bibir Anda dan memadamkan kobaran api dalam rongga dadanya. Anda sisipkan kata-kata baik dan lembut, yang dengannya Anda sejukkan pikirannya. Misalnya, Anda katakan, ”Bagimu apa yang kau ridhoi, tak dapat hidup tenang bagi orang yang membuatmu maran,” atau kata-kata lain. Dimana Rasulullah berkata ”Hendaklah ia mengatakan kebaikan atau hendaklah ia diam.”

Perkataan yang baik didahulukan daripada diam, Kata-kata yang baik yang mampu menyerap kemarahannya termasuk bentuk perkataan baik yang lebih diutamakan daripada diam.

 

  1. Bersandarlah pada Allah dengan berdo’a dan sholat, agar Dia membukakan hatimu untuk bersikap terbaik dengannya, dan agar membukakan hatinya untuk bersikap baik padamu.

Ingatlah dengan baik bahwasanya hatinya adalah miliknya Allah dan hanya Allah yang mampu membuatnya menjadi apa yang Allah inginkan.

 

  1. Berdandanlah untuk suami Anda dengan mengenakan baju dan perhisasan terindah, pakailah wewangian dan percikkan minyak wangi, lalu dekati suami Anda untuk membahas masalahmu.
  2. Dekatilah suami Anda dengan langkah tenang. Pandanglah ia dengan pandangan yang memancarkan cinta, rindu dan kasih sayang. Senyumlah dihadapannya. Lalu, saat Anda sudah dekat dengannya , letakkan tangan Anda ditangannya, lalu usapkan lembut tangan Anda ke tubuhnya sembari berkata” Demi Allah! Aku tak bisa tidur walau hanya sekejap sampai kau ridho padaku.”

 

”Tiada yang mendapatkannya kecuali orang-orang yang bersabar, dan tiada yang memperolehnya kecuali orang yang meraih bagian yang besar”

(Fushilat : 35)

4 Komentar

  1. Mba Febri betul-betul istri yang sholehah, Pak Tubir beruntung banget memiliki Mba Febri, masukan yang teramat indah Mba, makasih banyak

    • Aduh mbak intan bisa ajah🙂 Aamiin , semoga bisa tercapai ya mbak cita-cita kita menjadi istri sholehah🙂

  2. Alhamdulillah perselisihan dalam rumah tangga kami sikapi dgn hati yang tenang, dgn kedewasaan, perselisihan justru membuat kami tambah mesra…kadang lucu jg sehabis marah2 e malah ngrayu2…
    salam kenal ya mbk..semoga q

    • Alhamdulillah , memang kalau lagi berselisih mumet tapi kalau sudah damai plong banget ya bu hehehe, salam kenal juga🙂


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • DINARRAIHAN

    DinarRaihan melayani Jual Beli Dinar Emas more futher add me in your YM : fbr0976@yahoo.com
  • Arsip

  • Almanak

    Maret 2009
    M S S R K J S
        Apr »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
  • Artikel Terbaru