Mematikan Handphone Dalam Shalat, Batalkah Shalatnya?

Semoga membantu mencerahkan kita🙂

 

Ass. Wr. Wb.

Pak Ustadz, saya mau tanya, batalkah sholat saya apabila saat sedang sholat (sendiri maupun berjamaah) handphone berbunyi, lalu saya mengambil handphone dari kantong celana dan mematikannya, supaya tidak menggangu saya maupun jamaah yang lain?

Demikian pertanyaan saya mohon jawaban dan penjelasan dari Ustadz.

Wass. Wr. Wb.

Dithan

Jawaban:

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wa barakatuh

Al-hamdulillah, wash-shalatu wassalamu ‘ala rasulillah, wa ba’du

Sebaiknya sebelum shalat dimulai harus diingatkan kepada para jamaah yang akan shalat untuk mematikan handphone. Sebab suara deringnya pasti akan menggangu konsentrasi si empunya benda itu, juga akan membuat ketenangan ibadah terganggu untuk jamaah shalat lainnya.

Di Timur-Tengah ada dijual sebuah alat yang bisa dipasang di masjid untuk mengacak atau memblok sinyal handphone, sehingga tidak perlu diingatkan lagi kepada jamaah untuk mematikan sementara. Para jamaah shalat yang membawa handphone bisa dipastikan tidak akan bisa menerima sinyal apapun, sehingga tidak bisa menerima panggilan telepon dan juga tidak bisa sebaliknya. Alat itu bisa diaktifkan dan bisa dinonaktifkan. Maka pada saat shalat berjamaah dilakukan, secara otomatis ruangan shalat akan teracak atau terblok dengan sendirinya. Secara otomatis tidak ada satu pun handphone yang akan berdering. Dan dengan alat ini, ketenangan ibadah akan terjamin dari kegaduhan suara dering benda eletoronik itu.

Namun bila alat itu belum ada dan keadaan akan menjadi gaduh dengan dering handphone, tentu saja upaya untuk mematikannya harus dilakukan. Sebab bila dering itu terus menerus terdengar, konsentrasi semua jamaah akan terus pecah. Maka gerakan untuk mencegah kegaduhan itu bisa dipahami untuk dilakukan tanpa harus membuat shalat kita menjadi batal. Hanya saja gerakan itu sebaiknya dilakukan dengan mudah dan cukup sekali saja. Tidak dilakukan dengan bertele-tele atau berpanjang-panjang. Barangkali bila HP itu ada di dalam saku, cukup masukkan tangan ke dalam saku dan matikan tanpa harus mengeluarkannya. Gerakan itu pada dasarnya bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus menarik perhatian atau menimbulkan gerakan-gerakan yang tidak perlu.

Dalam masalah ini, kami cenderung untuk membandingkannya dengan perintah untuk mencegah orang yang akan lewat di depan kita yang sedang shalat. Kita dibolehkan untuk menjulurkan tangan ke depan untuk memberi isyarat kepada yang akan lewat bahwa dia tidak boleh lewat. Demikian juga tentang kebolehan menjawab salam ketika sedang shalat dengan menggunakan isyarat tangan. Bahkan dalam beberapa riwayat kita menemukan kebolehan untuk membunuh ular atau hewan yang membahayakan di dalam shalat tanpa harus membatalkannya. Sebagaiman kebolehan untuk menoleh ke kanan dan ke kiri sambil pegang senjata dalam shalat khauf.

Dalam mazhab As-syafi’i gerakan lebih dari tiga kali berturut-turut dianggap membatalkan shalat. Karena itu untuk menghindarinya, sebaiknya gerakan mematikan HP itu dilakukan dengan sekali gerakan, tidak dengan berkali-kali gerakan yang bisa dianggap membatalkan shalat. Namun para ulama lain punya pendapat yang berbeda tentang kriteria gerakan yang membatalkan shalat.

Namun lepas dari semua itu, ada baiknya setiap akan shalat kita selalu mematikannya. Dan tidak ada salahnya bila diingatkan sebelum shalat dimulai. Agar terhindar dari perbedaan pendapat dalam masalah ini.

Wallahu a’lam bish-shawab, Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wa barakatuh

Ahmad Sarwat, Lc.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • DINARRAIHAN

    DinarRaihan melayani Jual Beli Dinar Emas more futher add me in your YM : fbr0976@yahoo.com
  • Arsip

  • Almanak

    Maret 2009
    M S S R K J S
        Apr »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
  • Artikel Terbaru