Mengembangkan Potensi Anak

Anak adalah anugrah terindah yang Allah berikan kepada kita dan sudah semestinyalah memelihara dan merawatnya dengan keindahan juga.

Anak adalah tanda kepercayaan Allah pada kita ,sebagai ruang kesempatan kita untuk mengembangkan jiwa keibuan atau kebapakan kita. Dimana pada proses implementasinya akan membawa kebahagiaan yang diikuti pahala dari Allah.

Tentu saat anak kita masih balita kita gemas dan itulah masa-masa terindah yang dinikmati setiap orang tua, hanya saja tidak setiap orang tua mampu untuk memanfaatkan masa itu dengan baik yang disebabkan oleh karena kesibukannya dalam mencari materi yang notebene disangkutkan karena alasan untuk membahagiakan anak sehingga terperosok dalam ruang waktu yang terasa menyibukkan bagi mereka dan seakan tak sempat untuk mengurus anak-anak mereka.

Mereka mempercayakan anaknya pada baby sitter atau pembantu maka tak jarang perkembangan anak lebih dominan seperti prilaku baby sitternya atau pembantunya.

Tantangan Zaman Yang Mengkhawatirkan

Media dan Tontonan Amoral

Pelecehan seksual yang menggemparkan di Korea Selatan melibatkan 100 siswa SD Pelaku berusia 7-12 Tahun berjumlah 11 orang dan korbannya 8 orang anak perempuan mengalami perkosaan dan sisanya diduga penyebabnya adalah Internet dan Media Porno lainnya

Harapan setiap orang tua pasti ingin anaknya pintar,sukses dunia akhirat namun untuk zaman yang sudah maju ini ternyata harus lebih extra hati-hati dalam menyikapi tekhnologi maju, awasi anak ketika mereka sedang asyik di meja komputernya, cegah semua itu, pahami dan kenali anak kita sedini mungkin.

Biayasanya kecendrungan orang tua pada anak adalah dengan melihat sisi buruk anaknya saja, Apa yang salah dengan anakku ? dan Fokus pada kelemahan anak dan apa yang perlu diperbaiki.

Bahaya untuk tidak melihat kelebihan yang dimiliki anak

Banyak sekolah yang saat ini lebih mementikan pada perkembangan IQ saja, mereka lebih condong kepada perkembangan otak kiri  dan tidak jarang ditemukan sang guru hanya melihat kepada orang yang paling pintar dan paling bodoh, sehingga terjadi krisis untuk anak yang ada posisi tengah. Padahal setiap anak pasti punya kelebihan masing-masing .

1.      Memberi Label pada anak

Biasanya Orang tua yang menemukan kesalahan atau kebiasaan buruk  anak secara tidak sadar suka member label buruk pada anak , Contoh : saat anak memecahkan gelas dan si ibu berkata karena melihat berantakan si ibu dengan spontan mengatakan ,”aduhhh dasar anak ceroboh”, kan ibu  sudah bilang kalau bawa gelas hati-hati.” Bila demikian yang terjadi maka tak ayal lagi si anak akan merasa dirinya adalah si ceroboh, maka jangan salahkan bila si anak sudah dewasa nanti akan menjadi anak yang ceroboh.

 

2.      Mengubur Potensi Anak

Cercaan dan makian serta kata spontan tadi bisa jadi mengubur potensi sianak. Gelar si bodoh, si pemalas, si ceroboh dll akan menempel di benak anak, maka potensi anak akan terkubur karena anak tidak memiliki keberanian untuk memulai.

 

3.      Merusak Fitrah anak yang suka belajar

Melihat sisi buruk dari setiap prilaku anak dapat merusak fitrah anak yang suka belajar. Lihatlah waktu anak kita baru belajar jalan, kita pasti akan terus mendorong saat sianak jatuh kita terus menyemangatinya untuk tetap bisa berjalan sehingga si anak dengan senang hati kan terus berlajar jalan, nah bagaimana kalau prilaku umum itu menjadi berbeda misalnya saat anak kita belajar jalan dan terjatuh kita malah takut si anak jatuh lagi sehingga dilarang belajar berjalan wah…bisa-bisa anak  kita seumur hidupnya tidak mampu berjalan.

 

4.      Anak merasa tidak memiliki kemampuan

Anak yang sering dicerca , mereka takut salah dalam melakukan setiap aktivitas karena merasa tidak memiliki kemampuan , mereka lebih takut dengan omelan sang ibu dibandingkan dengan mencoba hal yang baru, kalau sudah begini perlu waktu lama mengubahya.

Ketahuilah :

Setiap anak dikaruniai  hasrat untuk belasar dan kemampuan untuk berkembang dan membuat perbedaan.

Apa yang mempengaruhi berkembangnya potensi anak

1.       Lingkungan Rumah dan Sekolah yang mendukung

Dukung anak dalam proses perkembangannya jadikan bahasa yang positif dalam menemukan kesalahan anak, biarkan anak belajar dengan menemukan akibat prilaku yang dia lakukan, ajarkan untuk bertanggungjawab dalam setiap permasalahan. Ajaklah kerjasama dengan guru-guru disekolahnya untuk mendukung potensinya

2.       Pola asuh yang instruktif yang menghasilkan anak-anak yang tidak imajinatif dan inovatif

Terlalu banyak mengatur dan memerintah akan menjadikan anak tidak creative dan menunggu perintah, biarkan anak menjalankan suatu perintah dengan cara yang disukainya. Dan ajaklah anak untuk berpikir dalam menghadapi suatu masalah.

3.       Pendidikan yang menekankan pada hasil bukan proses belajar.

Ubahlah pola pendidikan kita dengan menekankan pada proses belajar yang menyenangkan bukan pada nilainya. Tahukah anda bahwa banyak pengusaha sukses ternyata lahir bukan dari siswa yang rangking tapi mereka lahir dari siswa biasa saja tapi mempunyai  jiwa pembelajaran yang kuat , mereka seimbang dalam belajar dan berteman.

Untuk itu :

1.       Jangan hanya berfokus pada NILAI SEKOLAH

Seimbangkan semua potensi perkembangan moral, spiritual, emosi dan kecerdasan

2.       Jangan takut anak anda berbeda

a.       Gali dan kenali bakat anak

b.       Manfaatkan sumber daya internal maupun eksternal anak untuk hadapi  tantangan

c.       Ciptakan lingkungan pendukung

Sumber  : Rr Anita Widyawati Spsi

Disarikan secara bebas oleh Febrianty Dj

2 Komentar

  1. huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……………….. kangen Nia & Tia……… maafin mama ya nak……. mama mo pulang tenggo, biar bisa main & belajar sama kalian…..

    • Sama mbak aku juga mau pulang Tenggo hehehehe
      Mari buat generasi baru kita ini lebih semangat dan creative🙂


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • DINARRAIHAN

    DinarRaihan melayani Jual Beli Dinar Emas more futher add me in your YM : fbr0976@yahoo.com
  • Arsip

  • Almanak

    Maret 2009
    M S S R K J S
        Apr »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
  • Artikel Terbaru