Muhasabah Harian Seorang Muslim Bag.3

Dear All…

Berikut lanjutan untuk Muhasabah Harian Seorang Muslim (1) dan Muhasabah Harian Seorang Muslim Bag.2 , semoga kita termasuk orang-orang yang dicintai Allah

11.Apakah anda pernah berfikir untuk menjauhi teman-teman yang tidak baik?

Setiap orang akan berpikir untuk bersama orang yang dicintainya. Namun demikian kita sebaiknya berhati-hati, sebab kepada siapa kita dekat sangat berpengaruh terhadap diri kita. Contohnya dekat dengan orang yang baik maka akan ikut menjadi baik, sebaliknya bila dekat dengan orang yang tidak berakhlak, kurang lebih hasilnya akan sama.Cara yang paling tepat untuk mengetahui baik tidaknya orang tersebut yaitu “Kalo ingin tanya tentang seseorang tanyakan kepada teman dekatnya”.

Dalam surat Al Furqaan Surat 25 ayat 72 disebutkan:
“Dan orang-orang yang tidak memberikan persaksian palsu, dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang)yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja)dengan menjaga kehormatan dirinya.”

Adalah tidak mungkin kebaikan nyampur dengan yang jelek kecuali untuk tujuan mengIshlah/memperbaiki.

12.Apakah anda telah berusaha menghindari banyak tertawa dan bergurau?

Terlalu banyak tertawa dan bergurau akan mematikan hati. Hidup adalah perjuangan, terlalu banyak bergurau menunjukkan orang yang tidak berjuang.

Bercanda adalah berolok-olok, baik dengan perkataan maupun dengan perbuatan. Kebanyakan bercanda disisipi dengan ejekan. Bercanda ada dua macam:
a.Bercanda yang menyinggung pribadi pihak lain, denga merendahkan atau menyakitinya, baik dilakukan dengan lisan maupun dengan perbuatan. Bercanda jenis ini akan mengurangi harga diri seseorang, dan jelas bertolak dalam Islam.
Imam ‘Ali as berkata, “Bercanda itu mewariskan kedengkian.”

Beliau juga berkata, “Tidaklah seseorang bercanda kecuali dia memuntahkan akalnya.”

b.Bercanda dengan maksud menghibur, bukan untuk menyakiti pihak lain. Bercanda jenis ini tidak mengapa hingga batas-batas yang diperkenankan akal.
(sumber: Buku “Bagaimana Membangun Kepribadian Anda, Khalil Al-Musawi)

13.Apakah anda hari ini menangis karena takut kepada Allah?

Ada tujuh golongan yang nantinya selamat diakhirat:
-pemimpin yang adil
-seorang pemuda yang khusuk dalam beribadah kepada Allah
-seseorang yang hatinya terpaut kepada mesjid, disebutkan pula bahwa menjaga mesjid merupakan bentuk perjuangan nilainya lebih tinggi daripada berjuang di medan pertempuran
-dua orang yang saling mencintai karena Allah, wujudnya yaitu mengajak pasangannya menuju kebaikan dan bila melihat kemungkaran segera mengingatkan.
-seorang hamba yang selalu ingat kepada Allah.Ketika menyepi matanya berkaca-kaca dan selalu berdoa dan memohon: “Ya Allah aku mohon perlindungan kepadamu dari nafsu yang tidak
pernah puas, ilmu yang tak bermanfaat, hati yang tidak pernah tenang, amal yang tak diterima, mata yang tak pernah menangis”. Dicontohkan bahwa Abu Bakar As Shidiq adalah laki-laki yang sering menangis karena takut kepada Allah.

14.Apakah anda selalu membaca dzikir pagi dan sore hari?

Dalam surat Al Hujuraat surat 49 ayat 2 disebutkan:
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu meninggikan suaramu lebih dari suara nabi, dan janganlah kamu berkata kepadanya dengan suara keras sebagaimana kerasnya (suara) sebahagian kamu terhadap sebahagian yang lain, supaya tidak hapus (pahala) amalanmu sedangkan kamu tidak menyadari.”

Adalah dosa besar apabila kita hanya bisa berkata namun tidak diamalkan. Berdzikir merupakan bentuk shodaqah atau amalan untuk menghindari neraka. Dan sebaik-baiknya amalan ialah bila amalan itu dilakukan secara kontinyu. Bentuknya bisa dengan membaca Al Fathihah dan ayat kursi sehabis sholat bila lupa membacanya maka terkena denda untuk membaca sebanyak sepuluh kali.

15.Apakah anda hari ini telah memohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa anda?

Setiap manusia pasti pernah buat salah, namun sebaiknya manusia itu menyadarinya lantas bertaubat dan Allah Maha penerima taubat. Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya setiap anak Adam bersalah, dan sebaik-baiknya orang yang bersalah adalah orang yang bertobat.”

Allah membukakan pintu tobat yang luas bagi anda, ini merupakan karunia dan kasih sayang Allah kepada anda, maka kewajiban anda adalah menyesali kesalahan-kesalahan anda dan bertobat kepadaNya dengan tobat nasuha(tobat yang sungguh-sungguh).

2 Komentar

  1. […] Harian Muslim Bag.5 klik Masabah Harian Muslim bag. 1,bag. 2 ,bag. 3,bag. […]

  2. […] seorang muslim yang sebelumnya telah saya terbitkan Muhasabah Harian Musilm Bag 1, Bag. 2, Bag. 3, Bag. 4 dan Bag. […]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • DINARRAIHAN

    DinarRaihan melayani Jual Beli Dinar Emas more futher add me in your YM : fbr0976@yahoo.com
  • Arsip

  • Almanak

    April 2009
    M S S R K J S
    « Mar   Mei »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  
  • Artikel Terbaru