Muhasabah Harian Muslim Bag.5

klik Masabah Harian Muslim bag. 1,bag. 2 ,bag. 3,bag. 4

21.Apakah anda hari ini telah memuji dan bersyukur kepada Allah atas segala nikmat Nya?

Bila kita bersyukur kepada Allah biasanya Allah akan menambahkan nikmat dan limpahan rahmatNya kepada kita, sebaliknya bila kita kufur atau tidak bersyukur, maka balasannya yaitu adzab.
Allah SWT berfirman dalam surat Ibrahim surat 14 ayat 7 yaitu:
“Dan ingatlah tatkala Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah kenikmatan kepadamu.”

Bersyukur adalah kunci bertambahnya rezeki dan keberkahan yang Allah SWT turunkan kepada hamba-hambaNya. Sebaliknya, kufur terhadap nikmat menghancurkan rezeki. Ketahuilah bersyukur kepada Allah akan melahirkan sifat qana’ah (merasa cukup), sedangkan kufur nikmat melahirkan sifat tamak dan rakus.

Imam Ali as berkata:
“Jika sampai kepadamu berbagai kenikmatan maka janganlah kamu lari, walaupun dengan sedikit bersyukur.” (sumber:”Bagaimana membangun kepribadian anda”, karangan Khalil Al Musawi)

22.Apakah anda hari ini telah menyisihkan harta untuk bersedekah kepada yang membutuhkannya?

Allah SWT berfirman:
“Perumpamaan (harta yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang mengeluarkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebuah butir yang menumbuhkan tujuh tangkai, yang pada tiap-tia

p tangkai terdapat seratus butir. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang dikehendakiNya.” (QS Al Baqarah:261)

Salah satu ajaran yang diperintahkan oleh Al Qur’an dan mendapatkan perhatia

n yang besar di dalam Islam adalah berinfak di jalan Allah SWT. Karena dari satu sisi hal itu merupakan manifestasi kedermawanan seseorang, dan dari sisi lain merupakan faktor kemajuan dan sarana untuk melawan kelaliman.

Berinfak di jalan Allah, di samping berinfak dengan harta, juga mencakup berinfak dengan usaha, waktu, dan lain-lain. Imam ‘Ali as berkata:
“Janganlah kamu menahan infak di dalam ketaatan kepada Allah,lalu kamu infakkan hartamu di dalam maksiat kepada Allah.”
Beliau juga berkata:
“Sedekah adalah obat yang manjur.”
(sumber: buku “Bagaimana Membangun Kepribadian Anda”,karangan Khalil Al-Musawi)

23.Apakah anda telah berusaha untuk menahan marah karena kepentingan pribadi dan kemudian berusaha untuk marah hanya semata-mata karena Allah?

Marah adalah salah satu bentuk penyakit jiwa, itu bila dengan maksud menyakit pihak lain untuk kepentingan pribadi, tetapi bila marah dengan niat mengingatkan orang lain ketika melihat kemungkaran atau marah karena untuk kebaikan terlebih lagi bila motivasi marah itu hanya semata-mata karena Allah adalah wajib untuk dilaksanakan.

24.Apakah anda telah menjauhi sifatsombong,riya’ (pamer) dan membanggakan diri sendiri?

Supaya tingkah lakumu menjadi bijaksana maka, sebesar apapun harta, ilmu, akhlakdan kesejahteraan yang anda miliki, anda harus bersikap tawaduk (rendah hati). Ketahuilah bahwa manusia membenci orang yang bersikap sombong kepadanya dan mencintai orang yang bersikap tawaduk kepadanya, sebagaimana aliran air menyukai tempat yang merunduk kepadanya (rendah). Jadilah Anda seperti tangkai gandum yang penuh berisi, yang merunduk karena banyak mengandung isi.

Ujub atau bangga diri adalah penyakit yang mematikan bagi banyak hal. Dia adalah penyakit bagi akal,ilmu, niat iklas, dan kemajuan. Betapa banyak orang yang berakhlak mulia, lalu dia merasa bangga dengan akhlak dirinya sehingga akhirnya dia menjadi orang yang menyimpang dari akhlak yang mulia.So..hindarilah sifat ujub, sombong dan riya.

25.Apakah anda bersilaturahmi (menyambung tali persaudaraan) dengan saudara seiman anda?

Bersilaturahmi sangat dianjurkan dalam Islam, terlebih lagi dengan saudara yang seiman. Memutuskan tali persaudaraan adalah dosa yang besar. Bagaimana wujud silaturahmi bisa dengan berkunjung atau menyebarkan salam

 

3 Komentar

  1. Assalamu ‘alaikum mas, demi menjalin silaturahmi sesama Blogger marilah kita saling bertukar link, gimana mas?? Salam kenal yah dari Dedhy Kasamuddin😀

    • Walaikumussalam Wr Wb, senang rasanya bisa bertukar link, salam kenal juga mas🙂

  2. […] MUHASABAH MUSLIM HARIAN BAG.6 (TERAKHIR) Dear All, ini adalah bagian terakhir muhasabah seorang muslim yang sebelumnya telah saya terbitkan Muhasabah Harian Musilm Bag 1, Bag. 2, Bag. 3, Bag. 4 dan Bag. 5 […]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • DINARRAIHAN

    DinarRaihan melayani Jual Beli Dinar Emas more futher add me in your YM : fbr0976@yahoo.com
  • Arsip

  • Almanak

    April 2009
    M S S R K J S
    « Mar   Mei »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  
  • Artikel Terbaru