Allah itu Dekat

“Mintalah kamu sekalian kepada-Ku, niscaya Aku perkenankan permintaanmu” ( Al-Mu’min : 60 )

“Dan bilamana hamba-hamba-Ku menanyakan kepadamu tentang Aku. Sesungguhnya Aku dekat. Aku memperkenan-kan permohonan seseorang bila ia memohon kepada-Ku, karena itu hendaklah ia mentaati segala perintah-Ku dan beriman kepada-Ku. Semoga ia selalu dalam kebenaran”  ( Al-Baqarah : 186 )

 

Saya tinggal di rantau karena harus bekerja disuatu tempat yang memisahkan dengan keluarga, istri dan anak-anak. Dua minggu sekali saya pulang untuk berkumpul dengan keluarga memanfaatkan dua hari libur sabtu dan minggu. Perjalanan hanya berkisar 2 jam dari rumah ke kantor untuk pulang pergi ini, yah kalau dihitung dengan keterlambatan pesawat dan persiapan di Airport kira-kira membutuhkan waktu 4 jam sudah sampai di kantor ataupun sudah sampai dirumah.

            Aktivitas ini sudah saya jalani hampir 3 tahun, bukan satu aktivitas yang ringan. Semuanya tidak dapat saya elakkan. Bisa dikatakan saya mempunyai 2 tempat tinggal, yang satu rumah sendiri untuk berkumpul dengan keluarga dan yang satu adalah tempat tinggal sekedarnya alias kost. Tempat tinggal (kost) yang sederhana namun saya lengkapi dengan perabotan dan kebutuhan sehari-hari di rantau. Ada mesin cuci, ada dispenser ada almari pakaian, ada tempat tidur ada meja belajar dan satu kendaraan sepeda motor untuk kebutuhan transportasi apabila saya harus keluar mencari makan atau belanja.

            Perabotan yang ada ditempat kost dilengkapi dengan kunci dan kadang saya berpikir perlunya kunci-kunci tersebut saya satukan pada satu tempat (almari) dan kemudian almari tersebut saya kunci sehingga saya cukup membawa hanya satu kunci (almari) saja.

Demikian kejadiannya ketika tiba liburan panjang saya lakukan hal ini dengan mengumpulkan semua kunci ( termasuk kunci sepeda motor ) dan saya letakkan di almari. Juga barang-barang yang lain yang ada diruangan kost yang sekiranya tidak nanpak rapi saya kumpulkan dan saya tempatkan kedalam almari, dan sekali kunci cukup ringkas ruangan bersih dan semua tersimpan didalam satu almari.

            Sepulang dari liburan panjang saya langsung masuk kerja dan lansung menuju kantor. Say hello dengan rekans kerja dan langsung membuka agenda, on line komputer dan beraktivitas. Saya lalui dengan cepat hari pertama kerja setelah libur panjang ini, dan sampailah saya ditempat kost. Semuanya masih nampak rapi sebagaimana ketika saya tinggalkan sebelum libur. Saya amati semua perabotan masih terkunci.

            Saya mulai ingin membuka almari untuk mengeluarkan isinya, saya coba cari kuncinya…”yah Allah…!” saya ketinggalan kunci di rumah. Yang saya ingat adalah waktu itu saya membawa tas dan saat ini tas tersebut tidak saya bawa kembali. Dalam pikiran saya kalau toh harus merusak pintu alamari terpaksa saya harus lakukan walaupun nampaknya saya akan kecewa dan menyesal karena almari ini mempunyai riwayat ketika saya beli dan hampir tiga tahun ini masih bagus dan terawat.

            Tibalah saatnya magrib, adzan berkumandang dilingkungan tempat kost saya.  Saya mengambil wudlu dan bersiap sholat. Tiba-tiba saya tidak dapat melakukannya, karena sarung, kopyah (songkok) dan sajadah serta baju koko yang biasa saya pergunakan untuk sholat termasuk yang saya simpan di almari. ”Yah….Allah, dalam hati saya berujar…untuk sholat pun saya ndak bisa ?!” .”Yah …Allah, saya telah berniat sholat, Engkau mengetahui tentang ini, hanya Engkaulah yang dapat menolongku”, maka segera saya cari kembali kunci almari siapa tahu tiba-tiba Allah menunjukkan tempatnya. Ternyata nihil kunci almari tidak juga saya temukan.

            Padawaktu saya mencari-cari kunci almari saat ini saya sedang pegang dua kunci yang lain yaitu : kunci kamar kost dan kunci locker kantor. Saya amat-amati yang hampir mirip dengan kunci almari kost adalah kunci locker. Saya ragu untuk mencobanya di almari, karena memang secara logika sudah tidak masuk akal dan tidak sama,  tapi dalam hati saya berkata ”Yah…Allah, saya ingin mencoba dan melakukannya”.

            Tiba-tiba almari terbuka, dan bukan main kaget dan terharan-heran. Dalam hati saya berkata ”Yah….Allah, ini pasti Engkau”, maka segera saja saya keluarkan kunci-kunci yang lain yang ada di almari dan saya yakin berarti kunci locker bisa digunakan juga untuk kunci almari, maka almari saya kunci kembali.

            Ketika saya ingin malanjutkan untuk sholat, wah …saya lupa mengeluarkan sarung, kopyah (songkok), sajadah dan baju koko dari almari. Saya keluarkan kembali kunci locker yang sudah saya masukkan kedalam saku celana dan ternyata almari tidak mau dibuka. Aneh….tadi bisa terbuka kenapa kini tidak mau…..?. Dalam hati saya berkata ”Yah….Allah, hanya sekali ini saja, saya  khilaf …saya ingin sholat”, sambil saya coba kembali dengan kesabaran dan penuh rasa bersalah…tiba….tiba ”Alhamdulillah…….almari terbuka kembali…!”

            Segera saya keluarkan sarung, kopyah (songkok) sajadah dan saya kenakan baju koko untuk sholat magrib. Sehabis sholat saya berdoa minta ampun kepadaNYA, air mata saya menitik, ada apa hari ini…? pelajaran apa yang sedang Allah berikan padaku..? dalam hati saya berkata ” Engkau memang dekat, Engkau maha mengetahui..( apa yang ada dihati ), Engkau maha pengasih dan penyayang…, dan hanya Engkau-lah yang bisa menolong”

            Akhirnya almari tidak lagi saya kunci, saya khawatir dan takut kepadaNYA, dan saya berjanji dalam hati tidak akan pernah mencoba-coba kembali dengan kunci locker. Cukup sudah ini menjadi pengalaman spriritual saya dan akan saya kenang sepanjang hayat. Insya Allah kunci almari akan saya temukan pada saat saya pulang nanti.

Sumber : BEY

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • DINARRAIHAN

    DinarRaihan melayani Jual Beli Dinar Emas more futher add me in your YM : fbr0976@yahoo.com
  • Arsip

  • Almanak

    Mei 2009
    M S S R K J S
    « Apr   Jun »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Artikel Terbaru