BERANDA HATI : JADIKAN RAMADHAN TAHUN INI YANG TERBAIK DENGAN AGENDA RAMADHAN

Diantara persiapan menyambut Ramadhan yang sangat penting lagi adalah menyusun agenda Ramadhan sebagai langkah untuk meraih keutamaan2nya dengan kualitas amal. Ada beberapa amalan khusus yang hendaknya menjadi perhatian kita pada bulan ini, diantaranya :

1. Tilawatil quran / membaca quran beserta maknanya. Karena salah satu nama dari bulan Ramadhan itu sendiri adalah “SYAHRUL QURAN“ Yakni bulan diturunkannya al quran. Sediakan waktu khusus untuk mencoba berakrab ria dengan al quran, meengkuh rahmat Allah dengan membacara surat cinta-Nya, paling tidak pada waktu (sekedar gambaran) :

– Waktu tahajjud ( sebelum sahur ) minimal 15 menit.
– Ba’da subuh, min. 10 menit
– Ba’da dzuhur, min. 10 menit
– Ba’da ‘Ashr, min. 10 menit
– Menjelang maghrib, min. 10 menit
– Sesudah tarawih, min. 10 menit.

Catatan :

– Silahkan cari waktu yang sesuai dengan aktifitas kita masing2
– yang penting Walau sedikit tapi istiqomah, jangan bernafsu ! ada yang hari ke 1 baca qurannya 3 juz (alhamdulillah) tapi masuk hari ke 3 terjadi penurunan Cuma 1 juz… hari ke 11 eh malam minum jus…

2. Jadikan bulan ini sebagai bulan peningkatan ILMU, sering sering duduk di taman surga (majlis ta’lim, mendengar taushiyah,dll.). Targetkan pula pada bulan Ramadhan ini kita membaca minimal 1 – 3 buah buku bacaan yang bermanfaat bagi peningkatan kwalitas Ilmu dan ibadah.

3. Shodaqoh. Diterangkan dalam sebuah riwayat bahwa bila datang bulan Ramadhan maka Rasul bershadaqah lebih giat bahkan lebih kencang dari angin yang bertiup.

Jadikan bulan Ramadhan ini kegemaran kita bershodaqoh sekecil apapun itu, minimal dengan memberi makan bagi orang yang berbuka puasa. Nabi bersabda

“ Barangsiapa memberi makan orang yang berbuka puasa, maka baginya pahala orang yang berbuka dengan tidak mengurangi pahala orang yang berbuka
itu sedikitpun “ ( HR.Tirmidzi, Ibn Majah dan Annasaa-ie )

4. Usahakan untuk shalat berjama’ah dan jangan tertinggal shalat Tarawih 1 malampun, jika tidak bisa berjamaah maka kerjakan di rumah, karena keni’matan shalat Tarawih itu cuma ada dibulan Ramadhan.

5. Usahakan sebanyak mungkin untuk berbuka dan bersahur bersama keluarga ramadhan itu sendiri adalah bulan untuk menumbuhkan kembali semangat kebersamaan dan cinta kasih keluarga.

6. Tadarus al quran ( membaca dan mengkaji quran bersama sama)

7. I’tikaf. Salah satu amalan khas Ramadhan yang sangat penting adalah I’tikaf, khususnya pada 10 malam terakhir ini Rasul mengkhususkan diri untuk beri’tikaf dalam rangka meningkatkan kualitas ibadah dan meraih malam seribu bulan.

Wallahu A’lam.

Penulis Ahmad Milady

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • DINARRAIHAN

    DinarRaihan melayani Jual Beli Dinar Emas more futher add me in your YM : fbr0976@yahoo.com
  • Arsip

  • Almanak

    Agustus 2009
    M S S R K J S
    « Jul   Sep »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • Artikel Terbaru