MALAM LAILATUL QADR

Sumber : Qolbu Salim

Bismillahirrahmanirrahim.

Ketika membicarakan laylatul qadr dalam bukunya “Renungan Tasawuf”, almarhum Prof.Dr. Hamka, menulis kisah perjalanan religius seorang sufi terkenal bernama Fudhail ibn Iyadh.

 Sebelum menjadi sufi, Fudhail adalah seorang “preman”yg jauh dari Tuhan. Berbagai maksiat telah di dilakukannya. Ia suka mengumbar hawa nafsunya. kebiasaan jeleknya adalah keluyuran malam dan berpetualang mencari wanita untuk kesenanganya.

Suatu malam, ia menyelinap ke sebuah rumah. Sayup-sayup di dengarnya suara seorang wanita seperti sedang bernyanyi. Nafsunya pun bergejolak. Ketika ia mengintipnya, kelihatan bahwa rupa wanita itu cantik sekali.

Namun setelah semakin jelas kedengarannya, ternyata wanita itu sedang melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan khusyu’nya. Tepat didengarnya wanita itu sedang membaca surat Al-Hadid, 57:16
“Belumkah datang saatnya bagi orang beriman untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kebenaran yg telah diturunkan-Nya kepada mereka? Janganlah mereka seperti orang2 sebelum mereka  yg telah diturunkan Al-Kitab kepada mereka. kemudian berlalulah masa yg panjang atas mereka. Lalu hati mereka menjadi keras.

Kebanyakan diantara mereka adalah orang yang fasik. (Al-Hadid:16).
Ayat tersebut seakan-akan ditujukan kepadanya. Akhirnya hati Fudhail luluh. Ia sadar selama ini dirinya bergelimang dosa dan berlumuran maksiat. Ia menangis menyesali perbuatanya.

 Ia pun pergi ke masjid dan bersimpuh di hadapan Allah memohon ampun. Sejak saat itu kehidupan Fudhail berubah total 180 derajat. Satu malam tersebut ternyata telah mengubah kehidupan fudhail bin Iyadh menjadi seorang alim yang sangat di segani.
Inilah makna laylatul qadr dalam pandangan Buya Hamka. Sebuah malam yang mampu mengubah 180 derajat kehidupan seseorang dari yang buruk menjadi baik.
“malam laylatul qadr lebih mulia dari seribu bulan”(al-qadr:3)
Kalau kita kaitkan dengan kisah Fudhail, pada malam qadr itu malaikat hadir membisikkan kebaikan kepadanya, sehingga ia merasa tenang dan damai dalam “pelukan” Tuhan. Malam tersebut merupakan titik awal dari penetapan Allah bagi perjalanan hidupnya yg tadinya buruk menjadi baik.
Dalam kehidupan saat ini, kehadiran laylatul qadr terasa begitu penting untuk menyucikan hati dan jiwa kita dari lumuran noda dan dosa selama ini. Kita mungkin hanyut dalam keserakahan, ketamakan, sikap mau menang sendiri, suka mengambil sesuatu yang bukan hak kita, menyakiti orang lain, menfitnah dan segala hal lain yg merendahkan kualitas kemanusiaan kita.
Karenanya, pada Ramadhan ini kita diajak untuk melakukan peningkatan kualitas kemanusìaan menjadi insan kamil (manusia yang sempurna).
Di bulan inilah Allah memberi “bonus”kepada hamba-Nya untuk memperoleh laylatul qadr. Tentunya hanya orang yang telah terlebih dahulu menyucikan jiwanya dan mempersiapkan diri yang bisa memperoleh malam laylatul qadr yang penuh berkah itu. Turunya malaikat yang menandai laylatul qadr ini merupakan isyarat bahwa orang yang berhasil mendapatkannya akan senantiasa dibimbing oleh nilai-nilai kebaikan. Dengan demikian, laylatul qadr adalah awal pencerahan dan penemuan nilai-nilai kemanusiaan kita yang hakiki.

Pada gilirannya, hal ini akan membawa kita pada sikap saling menyayangi sesama manusia, membela yang tertindas, berempati pada penderitaan orang lain, dan menghargai perbedaan2 yang ada diantara manusia.
Wallahu a’lam.

*Bersihkan Hati Menuju Ridha Illahi*

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • DINARRAIHAN

    DinarRaihan melayani Jual Beli Dinar Emas more futher add me in your YM : fbr0976@yahoo.com
  • Arsip

  • Almanak

    Oktober 2009
    M S S R K J S
    « Sep   Nov »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • Artikel Terbaru