Proses Pembobolan ATM BCA

INILAH.COM, Jakarta – Modus baru yang dilakukan oleh sindikat pembobol ATM ternyata menggunakan dua alat, yakni ATM Skimmer dan Spy Camera. Dua alat ini membantu sepenuhnya dalam penyadapan identitas serta me

“Pelaku melakukan modus penggandaan kartu ATM. Penggandaan tersebut terjadi dengan menggunakan alat ATM Skimmer, kemudian untuk mengetahui PIN digunakanlah Spy Camera yang mengarah ke keypad dimana pengguna biasanya memencet nomor PIN-nya. Jadi ada dua alat yang digunakan, ATM Skimmer dan Spy Cam,” ungkap ahli digital forensik Ruby Z Alamsyah kepada INILAH.COM di Jakarta, Kamis (21/1).

Dalam penjelasan singkatnya, Ruby memaparkan bahwa ATM Skimmer tersebut biasanya oleh pelaku diletakkan di mulut ATM dengan ditempel menggunakan double tape. Fungsi alat penyadap tersebut itu sendiri tak lain untuk menggandakan identitas kartu ATM.

“Saat kartu ATM dimasukkan ke mesin, maka alat tersebut secara otomatis akan mengcopy data yang ada di magnet kartu ATM itu terlebih dahulu, baru kemudian masuk ke mesin ATM yang asli. Jadi kartu diproses dalam dua tahap. Baru kemudian untuk mengetahui nomor PIN ATM menggunakan Spy Cam yang mengarah ke keypad, disitulah arah jari direkam dan dicatat nomornya oleh pelaku,” jelas Ruby.

Ruby menjelaskan lebih lanjut, bahwa setelah data identitas di copy oleh ATM Skimmer, maka diolahnya data tersebut menjadi kartu duplikat. “Ada alat khusus untuk membuat kartu ATM duplikat tersebut, namanya magnetic writer. Tinggal siapkan kartu blank, lalu biarkan magnetic writer bekerja dan kartu duplikat ATM pun dapat digunakan,” terang Ruby. [mut]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • DINARRAIHAN

    DinarRaihan melayani Jual Beli Dinar Emas more futher add me in your YM : fbr0976@yahoo.com
  • Arsip

  • Almanak

    Januari 2010
    M S S R K J S
    « Nov   Feb »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Artikel Terbaru