HATI-HATI GELAS ,SENDOK, SEDOTAN PLASTIK DI TUKANG JUALAN KRN UMUMNYA BEKAS

Aduuuuh baru aja ngebahas tentang mie ayam yang ada daging tikusnya sekarang kepikiran lagi tentang alat makan plastik bekas yang dipake abang-abang

Keseul banget karena mereka sepertinya gak merasa bersalah bikin penularan penyakit lewat peralatan makan bekas tersebut.

Saat liburan iseng-iseng nonton TV ,ada acara yang mengupas tuntas mengenai alat makan bekas yang dipakai tukang jualan dipinggir jalan

1. Sedotan bekas

Kita kadang gak sadar saat si pedagang memberikan minuman langsung menancapkan sedotan digelas minuman kita, dan kita main asal minum saja.

Tahukah Anda ternyata hampir sebagian besar sedotan yang ada adalah sedotan bekas.

Ini terbukti ditayangan TV , saat penjual Es kelilling menyodorkan  minuman, si pedagang langsung memasukkan didalam sedotan saat ditanya dalam wawancara khusus dia menjawab sayang kalo sedotannya dibuang , kan masih bagus

Tanpa berdosa dia bilang itu.

Ada dua kejadian yang saya ingin ceritakan juga

Pertama saat saya mampir di restoran di mall, saya pesan teh botol, dan saya saat itu mau mengambil sedotan, kok ya iseng ya memperhatikan sedotannya dulu eh ternyata sedotan itu didalamnya sudah basah , dan menjijikkannya lagi basahnya bukan air bersih tapi air hitam

Weeeeeeeeek

 

Kejadian kedua saat aku sedang memesan teh poci di supermarket, aku lihat sedotan model bengkok , eh masa udah bengkok, aku tanya lah ,”mas…sedotannya bekas ya?”

Si mas itu dengan gugupnya bilang, ”enggak kok mbak .”, tapi lucunya si abang satunya langsung ngibrit ke giant beli sedotan baru itu kan tandanya sedotan itu memang bekas, grrrr terus aku langsung omelin ajah ,”Mas hati-hati ya kalo jualan, jangan pakai sedotan bekas itu bisa menimbulkan penyakit,” si abang itu diam aja sambil membuang sedotan bekas itu.

Nah sejak saat itu aku jadi aware masalah sedotan

2. Sendok bekas

Ceritanya temanku lagi beli bubur ayam, minta dibungkus terus dia dapet sendok merah plastik

Sebelum makan dia cek dulu sendoknya ternyata….sendoknya bekas salah satu restoran terkenal dan sereumnya pinggirannya ada bekas tanah, jadikan hiiiiiiiiiiiiiiiiiii itu kan berarti bisa jadi sendoknya dari tempat sampah weeeeeeeeeeek

3. Gelas bekas

Ternyata rugi kalau kita buang gelas plastik sembaragan tanpa dirusak, karena ternyata sama pemulung itu dicuci bersih dan dijual lagi ke pasar alamaaak

Padahal gelas plastik itu adalah gelas yang hanya bisa digunakan sekali pakai menurut ahli kesehatan, karena bisa menyebabkan penyakit , apalagi dituang dengan air panas

Nah loh.

Gelas bekas biasanya ada dipakai oleh tukang  jualan tukang kopi seduh dll

Ada Tips untuk kepedulian kita agar para pedagang tidak memakai alat makan bekas.

1.Untuk sedotan yang sudah kita pakai, lipat lipat atau rusaklah , jadi kan gak kelihatan baru

 Untuk yang bawa peniti (misalnya kebetulan lagi nempel di jilbab) maka tusuklah sedotan itu ditengahnya , nah kalo udah bocor mana bisa dipake.

2. Untuk yang makan dengan sendok plastik, jangan langsung dibuang ditempat sampah, tapi sebaiknya dipatahkan dulu  (beres kan gak mungkin sendok patah digunain juga sama sipedagang)

3. untuk yang gelas plastik, habis minum kita injek gelas plastiknya baru kita masukin ke bak sampah.

Dengan melakukan semua itu maka alat makan plastik bekas tersebut tidak akan dipakai ulang atau dijual sama pemulung ke pasar, tapi akan dijual ke pabrik plastik untuk dijadikan bijih plastik.

Dengan dimulai dari diri kita sendiri yang perduli terhadap lingkungan maka kita mendapatkan pahala juga , betul kan ?

Cheerss

Ikutan waspada dan perduli lah mulai hari ini.    

4 Komentar

  1. semakin parah aja ya jajan di jalan…

    kaya nya susah banget cari yang higienis….

    makasih banyak infonya…

    salam hangat,,

    • yup , jadi binun mau jajan dimana neh

  2. dear, all
    tapi kita juga harus aware sm apapun yang plastik,
    meskipun baru atau bekas kita sebenarnya tidak diperkenankan memakainya
    sendok plastik yang baru, ataupun gelas plastik yang baru dari pabrik,
    pada dasarnya tidak dicuci, tapi langsung dipasarkan,
    kebayang tidak jika itu langsung kita gunakan tanpa dicuci lebih dahulu????

    pada saat pencetakan plastik, pasti sisa-sisa dari serbuk kimia, dan srbuk plastik,
    masih menempel, di plastik itu sendiri,
    dan jika serbuk itu ikut kita makan atau minum, alhasil tubuh kita tidak dapat menghancurkan atau menetralisir komponen plastik (bumi saja tidak bisa), maka yang terjadi adalah pengendapan, bahayanya ada penyakit cancer.

    oleh karena itu biasakan menggunakan alat dari kaca, ataupun beling.

    • Betul juga ya , kok saya gak terpikir sejauh itu ya, trima kasih ya mbak untuk infonya🙂


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • DINARRAIHAN

    DinarRaihan melayani Jual Beli Dinar Emas more futher add me in your YM : fbr0976@yahoo.com
  • Arsip

  • Almanak

    Juni 2010
    M S S R K J S
    « Mei   Jul »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    27282930  
  • Artikel Terbaru