Menyikapi Musibah Merapi dan Mentawai

Sebagai seorang Muslim , menghadapi mushibah yang menimpa bangsa kita ada baiknya kita mulai mengembalikan atau mencari tahu bagaimana menyikapi musibah ini.

Musibah atau bencana atau apapun namanya perlu kita masukkan kedalam bahan intropesksi kita sebagai manusia yang beriman.

Oke….mari kita buka surat Yasin ayat 22 (36 :22) yang artinya :

Dan tidak ada ada alasan bagiku untuk tidak menyembah (Allah) yang telah menciptakanku dan hanya kepadaNyalah kamu akan dikembalikan.

So…lihatlah betapa kita sangat paham bahwa Allah memberikan karunia yang cukup besar, udara gratis, Laut yang penuh dengan ikan segar, kita sadar Allah sangat baik tapi kenapa kita masih saja kadang mencari alasan untuk beribadah atau sujud pada-Nya ????

Sholat sama kerjaan malah lebih mentingkan kerjaan, bahkan lebih parahnya ketika asyik nonton sinetron saat azan berkumandang , kita malah lebih memilih menonton sampai habis baru sholat ya kan ??? (hayook lah ngaku ajah :))

Ini salah satu renungan ayat dimana sudah tahu siapa yang memberi karunia tapi masih saja cari 1001 alasan untuk memenuhi panggilannya.

untuk itu lakukan ibadah apasaja yang membuat Allah ridho atau senang , bila kita ridho karena Allah maka Allah ridho dengan perbuatan kita.

Yuuuuk kita simak satu ayat lagi buat nambah keyakinan kita yaitu surat Lukman ayat 20 (31 : 20)

Tidakkah kamu memperhatikan bahwa Allah telah menundukkan apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi untuk (kepentingan)mu dan menyempurnakan nikmat-Nya untukmu lahir dan batin. Tetapi di antara manusia ada yang membantah tentang (keesaan) Allah tanpa ilmu atau petunjuk dan tanpa kitab yang memberi penerangan.

Simaklah ayat tersebut jelas-jelas Allah kasih enak kita sebagai manusia dimana langit dan bumi diperutukan untuk kita , tapi masih saja banyak manusia yang ngeyel atau tak mau taat pada Allah (sok cari tahu apakah kita termasuk didalamnya????) nauzubillahi min zalik

Muhasabahlah diri kita masing-masing, dan sekarang lanjutkan atas pertanyaan kenapa kok banyak musibah yang terjadi akhir-akhir ini.

yuk kita simak ke dalam surat Annissa ayat 147 (4 :147)

Allah tidak akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman. dan Allah maha Mensyukuri, Maha mengetahui

So…sebenernya kalau kita bersyukur dan beriman maka tentu kita dapat menyikapi musibah ini dengan lebih dewasa.

Lihatlah kedalam diri kita ,pahami daerah Merapi dan Mentawai ada apa dibalik semua musibah ini. sesungguhnya kesyirikan yang belakangan santer dengan sesajen-sesajen dan upacara adat yang menduakan Allah bisa jadi merupakan salah satu tanda murka Allah bagi orang yang fasik dan tanda sayang Allah bagi orang muslim.

Kenapa saya bilang tanda sayang Allah bagi orang yang muslim, bisa jadi dengan sentilan tersebut orang muslim kembali kejalan Allah dengan tidak melakukan perbuatan-perbuatan syirik.

Simaklah satu ayat lagi dimana Allah berbicara tentang turunnya musibah dalam surat Al Hadid ayat 16 (57 : 16) :

Belum tibakah waktunya bagi orang-orang yang beriman , untuk secara khusyuk mengingat Allah dan mematuhi kebenaran yang telah diwahyukan (kepada Mereka) dan janganlah mereka (berlaku) seperti orang-orang yang telah menerima kitab sebelum itu, kemudian mereka melalui masa yang panjang sehingga hati mereka menjadi keras. Dan banyak diantara mereka menjadi orang-orang fasik.

Ayat ini cukup menyentil kita sebagai orang beriman, kita musibah datang maka sudah sepatutnya kita bertanya, masihkah kita menduakan atau bermain-main dalam menyembah Allah ???

Apakah kita mesti tunggu mati baru beriman ????

Lihatlah negeri kita yang penuh kedzaliman : korupsi dianggap biasa, zina dianggap biasa, perselingkuhan dianggap trendy

Mau sampai kapan kita sadar akan kebobrokan negeri ini, kalau bukan dimulai dari kita lalu mau mulai dari mana ?, pemerintah ?

Begitu banyaknya tradisi-tradisi yang tak mengikuti sunnah rosul misalnya upacara malam satu suro, selamatan 1000 hari orang yang meninggal, dan banyak lagi, semuanya sara dengan perbuatan yang bid’ah dimana Allah telah jelas-jelas menegur, sama saat menegur manusia yang hidup di Jaman Rosulullah dengan surat Lukman : 21

Dan apabila dikatakan kepada mereka,” Ikutilah apa yang diturunkan Allah!” Mereka menjawab”(Tidak), tetapi kami (hanya mengikuti kebiasaan yang kami dapati dari nenek moyang kami .” Apakah mereka (akan mengikuti nenek moyan mereka) walaupun sebenarnya setan menyeru mereka kedalam azab api yang menyala-nyala (neraka)?

So Bagaimana masih mau mengikuti nenek moyang atau ajaran islam ??? (renungkan!!!)

Lalu bagaimana menyikapi musibah ?

Setelah paham kenapa musibah muncul yuk simak lagi ayat demi ayat yang membuat kita semakin tenang menghadapi musibah yang diberikan untuk bumi tercinta kita ini

1. Surat Al Lukman : 22

Dan barang siapa berserah diri kepada Allah, sedang dia orang yang berbuat kebaikan, maka sesungguhnya dia telah berpegang kepada buhul (tali) yang kokoh. Hanya kepada Allah kesudahan segala urusan.

Jadi jangan sampai iman kita goyah, dan tetaplah berserah diri kepada Allah, hanya Allah-lah tempat sebaik-baiknya kita berpegang.

2. Surat Al Baqoroh : 208

Wahai orang-orang yang beriman ! Masuklah ke dalam islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan . Sungguh ia Musuh yang nyata bagimu

Mengerjakan perintah Allah jangan setengah-setengah, tidak boleh kita percayai ayat satu lalu mengingkari ayat lainnya. Takdir akan mushibah adalah tempat kita berintropeksi akan diri kita, jangan-jangan kita masih setengah hati beriman pada Allah sehingga Allah harus menggunakan kekuatan-Nya untuk Menegur kita.

Saatnya kita masuk kedalam secara Islam dengan kaffah dan ingatlah Syetan adalah musuh yang Nyata , so kenapa masih mau ikutin syetan ????

Sekian dulu ulasannya yang benar itu dari Allah dan kalau ada yang salah tentu datangnya dari saya pribadi.

Robb…jangan biarkan kami lupa akan Engkau dan jadikan slalu kami dijalan-Mu Aaamiin 3x

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • DINARRAIHAN

    DinarRaihan melayani Jual Beli Dinar Emas more futher add me in your YM : fbr0976@yahoo.com
  • Arsip

  • Almanak

    November 2010
    M S S R K J S
    « Okt   Des »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
  • Artikel Terbaru