Cara menyelesaikan hutang

Eits….. yang buka website ini pasti lagi bingung mau menyelesaikan utang ya kah hehehe (becanda loh, tapi bener kan🙂 kkkkkk)

Sabaaar , sebelum tau kuncinya bagaimana cara menyelesaikan utang , tentunya temen-temen harus tau dulu apa sih utang itu sendiri🙂

Ada 3 Point yang harus diingat
* Ingat Hutang adalah Habit
* Kalau anda terbiasa berhutang, maka anda dalam posisi nyaman bila mempunyai hutang.
* Kalau anda tidak terbiasa berhutang,maka anda akan merasa tidak nyaman bila memiliki hutang,walaupun jumlahnya sedikit.
 
Bener gak ?, yup hutang itu bisa jadi merupakan penyakit akut yang sulit sembuh bila mana hutang itu dijadikan habit atau kebiasaan, banyak buanget orang yang seneng banget berutang pake kartu kredit sampai tiap bulan walaupun punya rejeki banyak tetap aja yang dibayar tagihan minimum, padahal siiih, hutang pake credit card malah hampir sama sistemnya sama lintah darat, bahkan lebih kejam lagi bunganya harian dimulai dari tanggal transaksi
 
Pada gak nyadar kan ?🙂
Gini yaa,  misalnya kita punya beli sepatu pake credit card tgl 16 April 2011, nah pada tgl 25 April 2011 sudah muncul tagihan, bila mana tagihan kita bayar full , maka bunga berjalan itu gak terjadi, dengan artian tak akan dibebankan bunga, tapi kalau kita bayarnya separuh nah…bahaya ternyata tagihan berikutnya bunga yang dimasukkan adalah bunga sejak tanggal 16 April tsb
gak percaya , sok tanya orang credit card, paraah, saya aja kapok , sampet tak gunting-gunting tuh kartu hahahaha uhhhh kok jadi curcol sih xixixixi
gak papa kan buat pelajaran kita semua
 
Nah dari pada tambah ngelantur mari kita lanjut lagi hehehe
 
sekarang gimana cara menyelesaikannya , yaaa harus punya duit dong hehehe
 
aaah lagi lagi becanda hehehe
 
intinya gini loh pren eh friend…(maklum orang sunda pisan)
 
1. Buat Daftar Hutang
Urutkan dari hutang dengan bunga tertinggi dan jatuh tempo terpendek.
nih ya misalnya 1. byr utang credit card, utang temen, baru utang ama orang tua🙂
 
2. Buat Daftar Aset ,
 Taksir nilai aset, urutkan dari nilai tertinggi dan jangan pernah takut menjual aset anda daripada terus terjebak dalam hutang.
Misalnya jual dulu asset yang berbau konsumtif contoh mobil jual ganti sama yang lebih murah, selisihnya buat bayar hutang atau rumah gedongnya dijual dan diganti dengan rumah biasa ajah
Paling enggak itu cukup banget menolong supaya gak terjebak hutang.
 
 
3.Buat Daftar Life Syle ,
Jangan takut down grade gaya hidup Anda dan pasangan.
Belajar menerima kenyataan, toh gak usah malu untuk mulai memperkencang ikat pinggang, karena dengan begitu biaya hidup terkurangi dan hutang sedikit demi sedikit jadi terbayar
 
Gimana udah gak bingung lagi kan tuk bayar hutang🙂
 
Sippp, eh tolong ya yang kebetulan baca adalah yang hutang ke aku cepat dibayar hahahaha
 
yuk marie sampai jumpa ke tulisan berikutnya
 
 

3 Komentar

  1. gmn klu tdk ada aset dan hutang begitu bnyk

    • saran saya bagi yang muslim perbanyaklah membaca sholawat..serta kalimat tasbih insallah hutang akan segera terbayar dari rezeki yang tak terduga

  2. Saya juga lagi bingung dng hutang2 suami saya sama orang batak rentenir,utang sama bank yg jumlahny melampui batas kemampuan dan aset kami. Suamiku berhutang unt memulai usaha dan unt membayr utang2ny terdahulu karna keslahny sendiri,pengeluran 5x lebih besar dr pd pendapatny unt foya2 sendiri. Akhrny kami terpuruk karena utang,sedang usaha suamiku tdk bisa berkembng karna kekurangn modal.Dan gulung tikar dngan masih terbeban utng sedng aset kami tdk cukp unt membyar utang bahkn kini telah habis2an,unt hdup sehari hari tergantung sama orang tuaku,krn skrg aku ga bisa kerja krn sdng hamil tua pastiny jg minta bantuan ortuku nantinya juga krn tdk pnya persiapan apa2. Saya bingung hrus bagaimana? Saya mohon solusiny ya…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • DINARRAIHAN

    DinarRaihan melayani Jual Beli Dinar Emas more futher add me in your YM : fbr0976@yahoo.com
  • Arsip

  • Almanak

    April 2011
    M S S R K J S
    « Mar   Mei »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
  • Artikel Terbaru