Bila Terlilit Hutang

assalamualaikum,.maaf ummi saya pengen curhat tentang masalah yang begitu sulit saya dapatkan jalan keluarnya dan saya akui bahwa ini adalah murni kelalaian saya terdahulu, dan baru sekarang saya betul2 bertaubat dan mohon ampun atas kesalahan besar yang telah saya lakukan selama ini. Kira2 apa yg harus saya lakukan untuk menyelesaikan utang-utang saya ini, baik sama teman,keluarga bahkan di bank sertifikat rumah sudah tergadai. Ya Allah berikan petunjuk dan jalan keluar yg terbaik untuk bisa sy lunasi utang2 saya ini yg mana jumlahnya cukup besar yaitu total kurang-lebih Rp.200 jt. Saya sebenarnya sdh dpt pekerjaan di ktr swasta tapi hanya kontrakan jd tdk dpt jadi harapan kontinu untuk menyelesaikan cicilan utang saya ini. Tolong nasihatnya Ummi terima kasih wassalam.

Walaikumsalam Wr Wb

Maaf Baru membalas, setelah sekian lama gak eksis dirimba dunia maya hehehe🙂

Sekedar saran semoga menjadi solusi🙂

Hutang memang begitu berat dipunggung kita, namun bukan berarti kita harus lari dari hutang

Semakin lari maka akan semakin dikejar-kejar dan stress

Jalan yang saya sarankan adalah Pertama berniat dengan sungguh-sungguh dalam menghadapi hutang, bukan pusing memikirkan tapi tak kunjung Action

2 jalan yang harus ditempuh melalui jalan usaha pendekatan kepada Allah dan Usaha Optimal

1. Usaha pendekatan Pada Allah

Banyak cara yang dilakukan tuk menyelesaikan masalah Hutang dimana tentunya dengan Niatan kita betul betul percaya usaha pendekatan kita kepada Allah itu adalah yakin membawa jalan keluar , yaitu :

  1. Taubatan Nasuha

Ini merupakan kunci utama, janganlah merasa diri kita jauh dari dosa atau kemaksiatan, sesungguhnya hutang yang menimpa kita bisa jadi tanda sayang Allah untuk membuat kita kembali meminta dan bersujud memohon jalan keluarnya. Pemilik kuasa dan masalah adalah Allah semata maka dengan itu mohonlah kepada-Nya agar keluar dari masalah dan jauhkan dari kemaksiatan.

Sholat Taubat 2 rakaat diiringi rasa penyesalan atas kesalahan yang kita perbuat baik sengaja maupun tidak sengaja akan membuat itu jauh lebih tenang.

Taubatan Nasuha berarti kita tak mengulangi dosa atau kemaksiatan kita sebelumnya, hanyaa kita sendiri yang tahu apa sebetulnya dosa-dosa kita dihadapan Allah, ungkapkan dan sesali Insya Allah , Allah akan membimbing kita menuju Jalan-Nya

  1. Zakat dan Sedekah

Sudahkah kita Zakat pada saat sedang mampu ??? , ataukah sudahkan kita sedekah ketika rizki kita berlebih.

Kadang memang timbul pikiran ”wong bayar hutang ajah susah mau sedekah????”

Justru itu kelebihan kita meskipun punya hutang menumpuk toh kita masih sanggup memberi.

Tidak jarang ada kejadian diluar dugaan dalam cerita nyata dimana seseorang mempercayai sedekah sebagai penolak bala, lalu mereka menjual hartanya dan menyedekahkan kepada fakir miskin, ternyata Allah malah memberikan balasan melebihi dugaannya

Gak percaya ? , coba buktikan J

  1. Sholat Dhuha dan Tahajud

Susah ??? ., jangan tinggalkan yang sunnah, karna dengan sholat Dhuha dan tahajud maka kita kan semakin sering mengadu kepada sang Pemilik solusi dan kekayaan akan masalah kita.

  1. Baca Surat Al Waqiah tiap Pagi

Ini merupakan salah satu pembuka rizki krn didalam surat AL Waqiah terdapat khasiat tuk meminta kita rizki, coba deh jalankan J

  1. Baca Almatsurat pagi dan sore

Didalam Al Matsurat ada do’a tuk menghindar dari hutang

  1. Titip Do’a dengan orang yang berangkat Haji atau Umroh

Jangan pernah meremehkan do’a orang-orang yang sedang menuju rumah Allah baik itu Haji dan Umroh, karna sesungguhnya mereka sedang dekat dengan Allah,

Sehingga do’anya lebih diijabah, titipkan do’a kepada mereka yang sedang mau berangkat, curhat 4 mata atau tulislah  pesan dalam sebuah surat agar mereka yang berangkat ingat tuk membacakan do’a kita..

  1. Tebarkan amalan apapun yang kita bisa

Uang kita gak punya , tapi kita masih punya ilmu nah tebarkanlah ilmu yang kita bisa , misalnya yah dengan menulis tulisan di blog😀 , ataupun mengajarkan kebaikan kepada sekitar, insya Allah akan membuat jalan kita makin mudah

  1. Perluas silaturahim

Semakin banyak jaringan maka semakin banyak cara tuk menghadapi hutang, kadang dengan menyambung silahturahim membuat terbukanya peluang rizki ,yaa jangan jauh-jauh contohnya saya, gak sedikit orang baru yang saya kenal membuat saya kuat menjalankan silaturahim, tiba-tiba malah jadi peluang rizki saya tuk bisa kerjasama dengan orang-orang tsb J

2. Usaha Optimal Duniawi :

Pendekatan dengan Allah sudah nah sekarang usaha optimal dalam kehidupan dunia

a. Turunkan Gaya hidup

Jangan pernah malu tuk menurunkan gaya hdiup, misalnya yang biasanya makan siang dikantor jajan diluar , mulailah bawa bekel dari rumah, yang tadinya naik taxi pulang balik ke kantor mulailah naik kereta atau busway , HP yang merknya mahal ganti dengan yang murah yang terpentingkan fungsinya J

b. Jual semua harta yang kita miliki tuk membayar hutang

Banyak yang terjadi dilapangan orang punya hutang banyak tapi gak mau jual hartanya dengan alasan sayang ,malu dan gak mungkin atau nilanya gak seberapa

Toh berapapun harganya itu ada nilainya kaaan , dan intinya malah bisa membantu bayar hutang. Jangan pernah sayang buat harta duniawi yang kita punya.

c. Lunasi hutang mulai bertahap sedikit demi sedikt dengan skala prioritas

Hutang dihadapi dengna serius dengan skala prioritas tentunya yaitu :

  1. Lintah darat atau bank, ini penting kita selesaikan terlebih dahulu karna bunga berbunga tak pernah ada habisnya sehingga harus dipangkas
  2. Teman

Jangan biarkan teman berubah fungsi menjadi musuh,

Kadang yang terjadi adalah yang punya hutang pura-pura lupa bayar ataupun malah membuat silaturahim yang buruk sehingga yang mengutangi malah merasa dikejar-kejar

Itu malah membuat tambah tidak berkah , baiknya jangan pernah memutuskan silaturahim dengna orang yang pernah menolong kita, apalagi pura-pura lupa seakan akan kita gak punya hutang,

Dekati dan bicarakan baik-baik bahwasanya kita sedang kesulitan membayar hutang kita padanya, ungkapkan bahwa kita sedang mempunyai hutang banyak dan berjanji membayarnya.

Nah berjanji membayar harus dengan perhitungan yang benar bukan sekedar omongan gak bertanggungjawab. Beberkan hutang kita totalnya shg misalnya kita sanggup mencicil hanya Rp. 50.000 perbulan sebagai niatan baik dibandingkan kita diam dan menumpuk hutang kita

Intinya tunjukkan niat baik kita kepada teman kita.

  1. Keluarga

Keluarga adalah prioritas terakhir karna mereka mudah memahami dibandingkan dengan Lintah Darat, Bank dan Teman.

Caranya sama bicarakan dengan bijak dan tunjukkan sikap kita niat baik membayar hutang.

Misalnya bonus keluar langsung diberikan sebagian kepada keluarga tuk membayar hutang kita sebagai tanda keseriusan kita

Demikian saran dari saya semoga bermanfaat .

17 Komentar

  1. mohon pertolongan sama ALLAH sesuai firmannya pada albaqoroh ayat 153.dan ALLAH BERJANJI AKAN MENGABULKAN setiap doa hamba hambanya dengan sarat orang yg berdoa tsb selalu melaksanakan perintahnya dan selalu meninggalkan larangannya,sesuai firman ALLAH dalam alquran surat albaqoroh ayat 186.selamat menjalankan semoga ALLAH mengabulkan. AMIEN .

  2. untuk taubat nasuhah saratnya tdk mengulangi perbuatan jelek yang tlah lalu,dan harus mengamalkan amal sholeh,disamping harus memperbaiki ibadah kita kpd ALLAH dengan meninggalkan perbuatan bid’ah,karena perbuatan bid’ah dibenci nabi.untuk sholat taubat dan srt faqingah merupakan pintu pembuka rezki ini msh perlu dikaji lagi,saya pribadi takut jangan jangan nabi tidak menuntunkan ?tp mhn maaf ya bagi yang melakukan mungkin anda sdh tahu hadis 2 yang menyangkut dua hal tsb saya dikirimi.wasalam.081329531480

  3. BERDOA HARUS PENUH KEYAKINAN AKAN DIKABULKAN OLEH ALLAH.YANG PENTING SABAR DAN TETEP SHOLAT DENGAN KUSUK(MENGERTI,MEMAHAMI BACAAN 2 SOLAT SALAH SATU CARA AGAR BISA KUSUK.)SEMOGA ALLAH MENGABULKAN PERMOHONAN KITA.AMIN.SESUAI FIRMAN ALLAH S ALBAQOROH 45-46.

  4. Nama saya fauzi. Saat ini saya sedang dililit hutang sekitar 20jutaan.saat ini saya bekerja cman mengantar jemput anak sekolah.yg gaji ny sangat minim(tp alhamdulilah)saya sangat ingin melunasi hutang saya.sekira ny para dermawan ingin membantu saya.saya mohon silahkan transfer ke rek BRI 3275-01-003283-50-4 atas nama m.fauzi.hamonangan. Saya tidak meminta banyak cukup Rp1000 saja.sebelum dan sesudah ny saya ucapkan banyak terima kasih,semoga Allah SWT melimpahkan rezeki buat yg sudah membantu saya.

  5. Semoga Kita semua segera terbebas dari jeratan Hutang. Intinya adalah 7Y yaitu, Yakin, Yakin, Yakin, Yakin, Yakin, Yakin, dan Yakin akan janji Allah yang akan menolong hamba-Nya yang mau berdoa kepada-Nya.

  6. Assalamu alaikum umi.sy umi seorg ibu rmh tangga yg propesi sebagai guru gol 2c.sy punya utang yg cukup lumayan juga totalx sekitar 50anjt tp itu cuma yg sm rentenir yg suku bunga bervariasi,disini salahx sy cuma bayar bungax sj tdk pernah bayar modalx.jd utang sy semakin meenumpuk,karena sy pjm ditempat lain untuk bayuar bungax ditempat yg lain.sy cuma minta jln keluarnya sm umi wassalamuaaikum…..

  7. sangat bermanfaat, semakin kita mendekat pada Allah, InshaaAllah ada jalan keluar..

  8. sya mhon ampun pda allah ats ksalahn sya trdahulu,
    sya pemuda yg brusia 24thn,sya tinggl brsma ibu,kmi hnya br2 drumh,krna sya anak stu”ny,
    jdi sya tulng punggung ibu sya,
    ,kini sya menanggung hutan di bank sbsar 30juta+utang” dluar 5jutaan,jdi skitar 35juta,
    hrta sya hbis tinggl speda mtor sya mukin djual laku 2juta,smentara usaha sya macet,
    tiap buln sya hrus sdiakn min 1juta untk byr angsuran di bank.
    smentara sya gk da penghasiln,makanya harta sya hbis di+ utang ksana/i untk ntupi utang dibank.
    sya mhon do’a buat siapa sja yg membca pesan sya ini,smoga allah mengampuni dosa kita. menerima amal ibadah serta mengabulkn do’a kita dan dibebaskn dari sgala masalah hidup,dberi ketenangan hdup agar kta bsa nyaman bribadah pada sang pencipta.
    sblumy sya juga mhon pda dermawan yg kirany bsa membantu sya dan ibu sya yg kni dijerat utang kmana”,,
    kiranya anda brsedia trnsferkn bntuan untk kmi ke
    Rek: 5263-0100-8861-538 (BRI)
    atw hub hp sya
    082365013551
    brapa pun yg anda beri semoga dbalas oleh allah swt..amin,,

  9. Pada saat saya menulis ini, saya sedang dililit hutang 150 jutaan yang harus dibayar pada tanggal 18 Agustus 2014 jadi ada waktu 5 hari lagi sedangkan sampai saat ini saya tidak ada uang sama sekali, saya banyak hutang karena salah membuat perhitungan saat menjadi manajer di lembaga keuangan dalam membuat sebuah program pemberdayaan kepada masyarakat. kepada para dermawan yang budiman mohon nasihat maupun bantuannya, yang serius bisa hubungi saya di 085786533000, saat ini saya sangat bingung hanya bisa pasrah kepada Allah yang mengatur rezeki para mahlukNya, terima kasih

  10. Terjerat hutang memang tidak menyenangkan, hati menjadi tidak tenang. Ini pernah saya alamai selama 2 thn, saya selalu dibayangi oleh bunga bank yang tidak pernah selesai jika saya tidak segera lunasi. tiap hari hp berdering dari penagih hutang, harga diri hancur karena dianggap tidak tau malu sdh ngemplang hutang dari bank, malu juga sama keluarga dan tetangga sekitar karena tiap hari didatangi DC padahal hutang tinggal 40% dari pinjaman KTA 200jt. tapi denda dan bunga jalan terus dan bank tidak mau tahu kalo bisnis lagi melambat, mereka taunya harus bayar tepat waktu. Akhirnya tiap hari cari uang tambahan bagaimana caranya supaya setoran bisa dibayar dan sesegra mungkin melunasi hutang bunga-berbunga ini, berbagai cara sdh dijalankan mulai dari mesin cuci saya sewakan sama tetangga sekitar, menjalankan bisnis sampingan home industri jajanan pasar dan membuka service hp dan komputer, bisnis online dan lain-lainnya. Hikmahnya adalah bisnis baru alhamdulillah tetap jalan sebagai tambahan dana disamping hutang di bank tidak meberatkan lagi dan insyallah tinggal beberapa bulan lagi lunas. sekarang sdh diniatkan tidak mau lagi pakai modal bank, lebih baik menggunakan modal sendiri dan tetap tenang menjalankan bisnis. walaupun modal sedikit tetapi bisa diputar dan keuntungan 100% masuk kantong. Untuk teman2 yang mengadapi masalah yang sama semoga masalah yang dihadapi cepat selesai dan tetap optimis bahwa hutang pasti lunas jika kita ingin melunasinya, saya rekomendasikan cari bisnis sampingan yang halal, mudah dan gampang bila perlu yang gratis jangan mudah tertipu dengan keuntungan yang besar. salah satu bisnis yang bisa dicoba bisa di http://www.speedgram.net/110667. sekian dulu trims atas ruang yang disediakan untuk share.

  11. assalamualaikum umi saya sopian udh 3th saya kelilit utang rentenir emng saya sadar saya yg salah awal 2014 saya udh niat mau bayar hutang nya tp ko perasaan ga kelar kelar malah tambah nambah saya jg bingung gajian cm buat bayar utang sementara makan ngutang lg bingung umi mau curhat ma orang lain kaya nya berat banget umi . cm bisa mendem di hati pasrah pd alloh tp hati kya nya berat terus klo dah nyampe akhir bulan pas gajian bkn nya senang tp bingung nombokin utang lg. tolong saran nya umi. mksh

  12. ya allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. saya sedang terlilit hutang yang sangat besar, sebesar Rp. 60jtaan saya mohon bagi para dermawan yang ingin menolong saya ke no rek BCA 2620058494 a/n Lina malini /hub. 02151300812. mudah 2 an allah yang akan membalas dan memberi pahala yg setimpal. saya sedih kasihan kepada keluarga saya. mudah2 an allah memberikanertolongon melalui tangan para dermawan, amien ya robbal alamin.

  13. Saya sebenarnya sudah lumayan dalam usaha, saya punya rental ps3 sebanyak 10 unit, dan usaha ice cream goreng, tapi karena modal awal meminjam kepada rentenir sampai saat ini saya hanya bisa bayar bunga saja yg cukup besar, ditambah kartu kredit dan biaya hidup saya hatus keluar uang 15jt perbulan, pusing jadinya, hanya bayar utang terus…..

  14. asalamualaikum; saya bingung karna hanya bisa ngasih nmr hp 082373793434 utang yang membuat aku keluarga istri jadi jauh dengan aku utang ku cuma 5 juta dengan rentenir untuk usaha tpi yang ada cuma bayar bunga yang besar nya 500 ribu sedangkan pendapatan ku cuma 35 ribu perhari mana buat anak istri aja susah maka sangat bermaksud bantuan baik do;a amin

  15. saya pun sama sedang terlilit hutang, karena sikap saya yg sebelumnya jadi saya menjadi seperti ini, semua terlihat menghina saya . rasa malu yg saya tangung sekarang,

  16. Assalamualaikum perkenalkan nama saya Renita saya berasal dari jambi,pekerjaan saya tukang sapu jalan. Hidup saya sangat susah dan terpuruk,hutang dimana2 ,saya punya 3 anak dan semua putus sekolah ,suami saya sudah meninggal 3thun lalu ,saya sangat stress dengan semua hutang2 saya . sayahampir bunuh diri tapi saya berani buka internet dan mencari solusi pakai hp tman, saya tidak sengaja melihat no eyang keramat ,saya berani mencoba menghubungi ,saya dkasi solusi tapi saya kurang percaya,tapi saya punya keberanian untuk mencoba dan allamdulillah sekarang hutang2 saya lunas.sayapun mempunyai usaha kecil2an.terima kasih eyang,ini hanya kisah nyata hidup saya bagi teman2,rekan,kerabat yang ingin bantuan eyang keramat silahkan hub 082190201207 sumpah demi Allah ini nyata,terima kasih untuk room ini,indahnya berbagi………..Assalamualaikum


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • DINARRAIHAN

    DinarRaihan melayani Jual Beli Dinar Emas more futher add me in your YM : fbr0976@yahoo.com
  • Arsip

  • Almanak

    Desember 2011
    M S S R K J S
    « Nov   Jan »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • Artikel Terbaru