Serba Serbi tentang info kesehatan nih

Dapat Sharing tentang kesehatan , tadinya kupikir gak perlu tapi ternyata wow banyak ilmu baru,

Berikut tuturannya , mbak Meu makasih yaa sudah mencatat jadi bisa sharing  diblog🙂

 

Batuk, pilek, demam, diare, adalah gejala penyakit yang sering dialami balita dan anak-anak. Tidak ada obat untuk batuk dan pilek. Demam justru mekanisme pertahanan tubuh untuk melawan kuman. Diare justru tidak boleh distop, agar kumannya bisa keluar. Batuk, pilek, demam, diare tidak perlu antibiotic. Diare yang perlu antibiotic hanya diare yang berdarah.

 

Di luar negeri tidak ada obat batuk kering, batuk berdahak, dll. Batuk memang tahapannya kering dahulu, lalu berdahak.

Batuk lalu di-rontgen dan dikatakan ada flek, itu bukan berarti TBC yang harus diobati selama 6 bulan.

 

Ada penyakit yang akan sembuh sendiri. Salah satunya adalah flu. Sehingga tidak perlu obat.

 

Sebelum ke dokter, pastikan kita browsing dulu (kata dr. Wati, Blackberry dan Android pakailah buat browsing penyakit, jangan buat chat aja, hehehe, tau aja ya bu Dokter). Dan supaya ngga gugup ketika menghadap dokter, buat daftar pertanyaan (tapi juga jangan kebanyakan).

 

Kalau dokter memberikan resep obat, tanyakan :

–          Apa zat aktifnya

–          Gimana cara kerjanya

–          Apa efek sampingnya

–          Apa kontra indikasinya

–          Gimana cara penggunaannya

 

Setelah dokter kasih resep, cek di www.drugs.com. Kalau kira2 ngga nyambung sama penyakit kita, ngga usah ditebus.

 

Puyer yang merupakan gabungan dari banyak obat, sebetulnya sudah tidak disarankan oleh WHO.

 

Setelah kita dari dokter, harus ketauan, nama penyakit kita apa dalam bahasa kedokteran, supaya kita bisa browsing tentang penyakit itu.

Kalau masih tetap dibilang radang tenggorokan, radang lambung, itu masih gejala. Ngga ada bedanya dengan yang kita sampaikan ke dokter (sakit tenggorokan, sakit perut).

 

Kalau kita ke dokter, terus dokter bisa dengan tenang tulis resep, artinya penyakit kita (atau anak kita) ngga parah. Karena kalau parah, dokternya pasti juga akan panik.

 

Pelajari berbagai penyakit, sumber yang bisa dipercaya :

www.mayoclinic.com

 

Semua obat pasti ada efek samping. Maka yang paling baik ada menjaga makanan, olah raga, sejak dari muda.

Masalah pada lutut, pada usia yang senja, pasti semua akan mengalami.

 

Stroke, ada 2 sebab, pecah pembuluh darah (karena hipertensi) dan penyumbatan (karena diabetes, kolesterol). Jika ada serangan stroke, dalam 2 jam harus segera diketahui sebabnya. Jika pecah pembuluh darah harus dioperasi, jika penyumbatan bisa dengan pengobatan. Untuk mengetahuinya dengan MRI.

 

Obat generic dan obat bermerk itu sama saja kandungannya, hanya berbeda warna, biaya iklan, dll dsb. Jadi tidak perlu “gengsi” diobati

Manteeep kan🙂

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • DINARRAIHAN

    DinarRaihan melayani Jual Beli Dinar Emas more futher add me in your YM : fbr0976@yahoo.com
  • Arsip

  • Almanak

    Oktober 2013
    M S S R K J S
    « Agu   Des »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • Artikel Terbaru