Konsultasi

Anda Bisa Berkonsultasi tetang apa saja di Halaman ini, dan saya berusaha membantu Anda menyelesaikan Solusinya🙂

59 Komentar

  1. Assalamu’alaikum…

    Saya istri berusia 27 tahun dan sudah dianugerahi seorang putra yang lucu.
    Akhir2 ini hubungan saya dg suami kurang harmonis, hal ini disebabkan karena suami mengabaikan nafkah batin saya. Saya manusia biasa yang juga merindukan belaian kasih sayang dan hubungan biologis juga. Bosan melihat tingkah laku suami yang hanya mementingkan kerjaan, tidak ada waktu untuk saya.
    Ingin rasanya bercerai karena tidak tahan dengan kehidupan rumah tangga seperti ini, tapi kembali lagi melihat putra yang baru setahun, masih membutuhkan peran seorang ayah, belum lagi memikirkan keluarga saya. Bagiamana perasaan orangtua saya dan saudara2 saya kalau tau saya cerai.
    Di sisi lain, saya udah lelah, jenuh dan tertekan…
    Mohon bantuannya ummi…

    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb..

    • Walaikumsalam Wr Wb
      Dear Ibu Intan…,sebelumnya terimakasih sudah mau berbagi cerita dengan saya,
      Seorang suami yang tidak memberikan nafkah bathin sangat banyak sekali faktor penyebabnya , untuk itu jalan pertama adalah meminta kepada Sang Pemilik Hati untuk membuat hatinya luluh dan perilakunya berubah , langkah pertama yang dilakukan untuk mendapatkan Cinta sang Pemilik Hati “Allah SWT” adalah :
      1. Lakukan Taubatan Nasuha, sholat Taubat 2 rakaat dan memohon ampun atas dosa yang disadari maupun yang tidak disadari, lakukanlah muhasabah dan mencoba mencari sebab kenapa Allah berikah Ujian ini.
      2. Lakukanlah pendekatan kepada Allah dengan melakukan Sholat Hajat setiap hari sebanyak 2 rakaat , mintalah dengan sungguh-sungguh, tambahi juga dengan sholat Tahajud dan baca Al Qur’an setiap ada kesempatan , sesungguhnya Allah itu Dekat ,miliki Cintanya Allah , dengan begitu kita akan mudah mendapatkan cinta makhluk yang diciptakannya yaitu Suami kita.
      3. Setelah Merasa Dekat dengan Sang Pemilik Hati maka mulailah kita mencoba mengurai masalah keluarga satu demi satu pertama adalah bicaralah dengan suami secara terusterang tentang masalah ini. Apakah yang menyebabkan Suami tak mau memberikan nafkah Bathin.
      Dalam beberapa kasus yang sama yang pernah saya temui ada beberapa alasan kenapa suami tak mau memberikan Nafkah bathin yaitu :
      1. Trauma karna melihat sang Istri melahirkan (dalam artian takut menyakiti istri bila sang istri melahirkan lagi)
      ini memang jarang terjadi tapi untuk kasus ini biasanya suami baru mau bilang ketika ditanya , yang notebene saking sayangnya suami pada sang istri
      2. Karena Lelah setelah seharian bekerja, sehingga menyebabkan gairah menurun
      3. Karena Suami tak bisa memaafkan istri karena kesalahan yang istrinya sendiri tak menyadarinya
      4. Suami kehilangan harga diri karna gaji istri yang lebih besar
      5. Hal umum karena banyak terjadi yaitu punya WIL
      Bila sudah tahu penyebabnya akan lebih mudah melakukan perbaikan-perbaikan dalam menjadikan keharmonisan rumah tangga. Dengan Kedekatan Ibu kepada Allah akan memudahkan ibu menerima ujian ini, karena orang yang beriman akan selalu mencari sisi baiknya dari semua masalah.
      Jangan bayangkan hal-hal yang belum tentu dilakukan oleh suami, misalnya membayangkan suami ibu selingkuh , karena akan memudahkan syetan untuk meniup-niupkan api pertengkaran.
      Ingatlah salah satu keberhasilan terbesar yang dibanggakan oleh Syetan dihadapan Rajanya yaitu Iblis adalah membuat suami istri bercerai dan dua-duanya melakukan kemaksiatan.
      Syetan akan membayangi selalu dengan keindahan atau bisikan-bisikan mumpung masih muda masih bisa cari yang lain.
      Bersabarlah ,jangan cepat ambil keputusan karena keputusan yang salah akan menyebabkan penyesalan seumur hidup.
      Apalagi ada hasil buah cinta kasih yang membutuhkan kasih sayang seorang ayah. Sungguh telah banyak seorang anak yang menjadi korban karena keegoisan dari orang tuanya.
      Bu Intan yang dirahmati Allah tetaplah berjuang mempertahankan rumah tangga, cobalah lihat kebawah dengan membaca pengalaman rumah tangga orang lain yang jauuh lebih parah dari Bu Intan tapi bisa melewati gelombang ujian dengan baik🙂 , banyak para istri yang tidak hanya tidak diberikan nafkah bathin tapi juga nafkah lahir namun mereka masih bisa mempertahankan rumah tangganya.

      Tetaplah menjadi kekasih Allah dan jangan menggantungkan 100% kehidupan kita pada seseorang tapi gantungkanlah kepada Allah, karena orang-orang yang dianugrahi Allah berada disekitar kita adalah sebagai alat ujian yang menguji sejauh mana cinta Bu Intan kepada sang Pemilik Hati. Dan semua manusia diberikan ujian yang berbeda dan bisa jadi Suami bu Intan adalah bentuk ujian agar bu Intan naik level ke level yang lebih dekat kepada Allah🙂

      Sesungguhnya didalam kesusahan yang kita rasakan pasti ada hikmah didalamnya, dan bila kita mampu menemukan hikmahnya maka kita menjadi orang yang beruntung.

      Semoga jawaban saya membantu bu Intan, dan semoga Allah menjadikan bu Intan keluarga yang sakinah,mawardah dan warahmah

      Aaamiin 3x

      • amin3x allahumma amin…

        alhamdulillah…
        subhanallah…

        terimakasih ummi🙂
        ummi sangat baik sekali sudah memberikan hikmah yang begitu dalam buat saya yang masih labil ini.
        ummi benar, ini mungkin ujian dalam rumah tangga saya yang masih seumur jagung ini.

        Semoga Allah SWT membalas kebaikan ummi
        Wassalamu’alaikum…

  2. Aw, this was a very nice post. In concept I would like to put in writing like this additionally – taking time and actual effort to make a very good article… however what can I say… I procrastinate alot and by no means seem to get one thing done.

  3. This really answered my problem, thanks!

  4. assalamualaikum,.maaf ummi saya pengen curhat tentang masalah yang begitu sulit saya dapatkan jalan keluarnya dan saya akui bahwa ini adalah murni kelalaian saya terdahulu, dan baru sekarang saya betul2 bertaubat dan mohon ampun atas kesalahan besar yang telah saya lakukan selama ini. Kira2 apa yg harus saya lakukan untuk menyelesaikan utang-utang saya ini, baik sama teman,keluarga bahkan di bank sertifikat rumah sudah tergadai. Ya Allah berikan petunjuk dan jalan keluar yg terbaik untuk bisa sy lunasi utang2 saya ini yg mana jumlahnya cukup besar yaitu total kurang-lebih Rp.200 jt. Saya sebenarnya sdh dpt pekerjaan di ktr swasta tapi hanya kontrakan jd tdk dpt jadi harapan kontinu untuk menyelesaikan cicilan utang saya ini. Tolong nasihatnya Ummi terima kasih wassalam.

    • Walaikumsalam Wr Wb

      Maaf Baru membalas, setelah sekian lama gak eksis dirimba dunia maya hehehe🙂
      Sekedar saran semoga menjadi solusi🙂
      Hutang memang begitu berat dipunggung kita, namun bukan berarti kita harus lari dari hutang
      Semakin lari maka akan semakin dikejar-kejar dan stress
      Jalan yang saya sarankan adalah Pertama berniat dengan sungguh-sungguh dalam menghadapi hutang, bukan pusing memikirkan tapi tak kunjung Action
      2 jalan yang harus ditempuh melalui jalan usaha pendekatan kepada Allah dan Usaha Optimal
      1. Usaha pendekatan Pada Allah
      Banyak cara yang dilakukan tuk menyelesaikan masalah Hutang dimana tentunya dengan Niatan kita betul betul percaya usaha pendekatan kita kepada Allah itu adalah yakin membawa jalan keluar , yaitu :

      a. Taubatan Nasuha
      Ini merupakan kunci utama, janganlah merasa diri kita jauh dari dosa atau kemaksiatan, sesungguhnya hutang yang menimpa kita bisa jadi tanda sayang Allah untuk membuat kita kembali meminta dan bersujud memohon jalan keluarnya. Pemilik kuasa dan masalah adalah Allah semata maka dengan itu mohonlah kepada-Nya agar keluar dari masalah dan jauhkan dari kemaksiatan.
      Sholat Taubat 2 rakaat diiringi rasa penyesalan atas kesalahan yang kita perbuat baik sengaja maupun tidak sengaja akan membuat itu jauh lebih tenang.
      Taubatan Nasuha berarti kita tak mengulangi dosa atau kemaksiatan kita sebelumnya, hanyaa kita sendiri yang tahu apa sebetulnya dosa-dosa kita dihadapan Allah, ungkapkan dan sesali Insya Allah , Allah akan membimbing kita menuju Jalan-Nya

      b. Zakat dan Sedekah
      Sudahkah kita Zakat pada saat sedang mampu ??? , ataukah sudahkan kita sedekah ketika rizki kita berlebih.
      Kadang memang timbul pikiran ”wong bayar hutang ajah susah mau sedekah????”
      Justru itu kelebihan kita meskipun punya hutang menumpuk toh kita masih sanggup memberi.
      Tidak jarang ada kejadian diluar dugaan dalam cerita nyata dimana seseorang mempercayai sedekah sebagai penolak bala, lalu mereka menjual hartanya dan menyedekahkan kepada fakir miskin, ternyata Allah malah memberikan balasan melebihi dugaannya
      Gak percaya ? , coba buktikan 

      c. Sholat Dhuha dan Tahajud
      Susah ??? ., jangan tinggalkan yang sunnah, karna dengan sholat Dhuha dan tahajud maka kita kan semakin sering mengadu kepada sang Pemilik solusi dan kekayaan akan masalah kita.

      d. Baca Surat Al Waqiah tiap Pagi
      Ini merupakan salah satu pembuka rizki krn didalam surat AL Waqiah terdapat khasiat tuk meminta kita rizki, coba deh jalankan 

      e. Baca Almatsurat pagi dan sore
      Didalam Al Matsurat ada do’a tuk menghindar dari hutang

      f. Titip Do’a dengan orang yang berangkat Haji atau Umroh
      Jangan pernah meremehkan do’a orang-orang yang sedang menuju rumah Allah baik itu Haji dan Umroh, karna sesungguhnya mereka sedang dekat dengan Allah,
      Sehingga do’anya lebih diijabah, titipkan do’a kepada mereka yang sedang mau berangkat, curhat 4 mata atau tulislah pesan dalam sebuah surat agar mereka yang berangkat ingat tuk membacakan do’a kita..

      g. Tebarkan amalan apapun yang kita bisa
      Uang kita gak punya , tapi kita masih punya ilmu nah tebarkanlah ilmu yang kita bisa , misalnya yah dengan menulis tulisan di blog😀 , ataupun mengajarkan kebaikan kepada sekitar, insya Allah akan membuat jalan kita makin mudah

      h. Perluas silaturahim
      Semakin banyak jaringan maka semakin banyak cara tuk menghadapi hutang, kadang dengan menyambung silahturahim membuat terbukanya peluang rizki ,yaa jangan jauh-jauh contohnya saya, gak sedikit orang baru yang saya kenal membuat saya kuat menjalankan silaturahim, tiba-tiba malah jadi peluang rizki saya tuk bisa kerjasama dengan orang-orang tsb 

      2. Usaha Optimal Duniawi :
      Pendekatan dengan Allah sudah nah sekarang usaha optimal dalam kehidupan dunia
      a. Turunkan Gaya hidup
      Jangan pernah malu tuk menurunkan gaya hdiup, misalnya yang biasanya makan siang dikantor jajan diluar , mulailah bawa bekel dari rumah, yang tadinya naik taxi pulang balik ke kantor mulailah naik kereta atau busway , HP yang merknya mahal ganti dengan yang murah yang terpentingkan fungsinya 

      b. Jual semua harta yang kita miliki tuk membayar hutang
      Banyak yang terjadi dilapangan orang punya hutang banyak tapi gak mau jual hartanya dengan alasan sayang ,malu dan gak mungkin atau nilanya gak seberapa
      Toh berapapun harganya itu ada nilainya kaaan , dan intinya malah bisa membantu bayar hutang. Jangan pernah sayang buat harta duniawi yang kita punya.
      c. Lunasi hutang mulai bertahap sedikit demi sedikt dengan skala prioritas
      Hutang dihadapi dengna serius dengan skala prioritas tentunya yaitu :
      1. Lintah darat atau bank, ini penting kita selesaikan terlebih dahulu karna bunga berbunga tak pernah ada habisnya sehingga harus dipangkas
      2. Teman
      Jangan biarkan teman berubah fungsi menjadi musuh,
      Kadang yang terjadi adalah yang punya hutang pura-pura lupa bayar ataupun malah membuat silaturahim yang buruk sehingga yang mengutangi malah merasa dikejar-kejar
      Itu malah membuat tambah tidak berkah , baiknya jangan pernah memutuskan silaturahim dengna orang yang pernah menolong kita, apalagi pura-pura lupa seakan akan kita gak punya hutang,
      Dekati dan bicarakan baik-baik bahwasanya kita sedang kesulitan membayar hutang kita padanya, ungkapkan bahwa kita sedang mempunyai hutang banyak dan berjanji membayarnya.
      Nah berjanji membayar harus dengan perhitungan yang benar bukan sekedar omongan gak bertanggungjawab. Beberkan hutang kita totalnya shg misalnya kita sanggup mencicil hanya Rp. 50.000 perbulan sebagai niatan baik dibandingkan kita diam dan menumpuk hutang kita
      Intinya tunjukkan niat baik kita kepada teman kita.
      3. Keluarga
      Keluarga adalah prioritas terakhir karna mereka mudah memahami dibandingkan dengan Lintah Darat, Bank dan Teman.
      Caranya sama bicarakan dengan bijak dan tunjukkan sikap kita niat baik membayar hutang.
      Misalnya bonus keluar langsung diberikan sebagian kepada keluarga tuk membayar hutang kita sebagai tanda keseriusan kita
      Demikian saran dari saya semoga bermanfaat .

    • Walaikumsalam Wr Wb

      Maaf Baru membalas, setelah sekian lama gak eksis dirimba dunia maya hehehe🙂
      Sekedar saran semoga menjadi solusi🙂
      Hutang memang begitu berat dipunggung kita, namun bukan berarti kita harus lari dari hutang
      Semakin lari maka akan semakin dikejar-kejar dan stress
      Jalan yang saya sarankan adalah Pertama berniat dengan sungguh-sungguh dalam menghadapi hutang, bukan pusing memikirkan tapi tak kunjung Action
      2 jalan yang harus ditempuh melalui jalan usaha pendekatan kepada Allah dan Usaha Optimal
      1. Usaha pendekatan Pada Allah
      Banyak cara yang dilakukan tuk menyelesaikan masalah Hutang dimana tentunya dengan Niatan kita betul betul percaya usaha pendekatan kita kepada Allah itu adalah yakin membawa jalan keluar , yaitu :

      a. Taubatan Nasuha
      Ini merupakan kunci utama, janganlah merasa diri kita jauh dari dosa atau kemaksiatan, sesungguhnya hutang yang menimpa kita bisa jadi tanda sayang Allah untuk membuat kita kembali meminta dan bersujud memohon jalan keluarnya. Pemilik kuasa dan masalah adalah Allah semata maka dengan itu mohonlah kepada-Nya agar keluar dari masalah dan jauhkan dari kemaksiatan.
      Sholat Taubat 2 rakaat diiringi rasa penyesalan atas kesalahan yang kita perbuat baik sengaja maupun tidak sengaja akan membuat itu jauh lebih tenang.
      Taubatan Nasuha berarti kita tak mengulangi dosa atau kemaksiatan kita sebelumnya, hanyaa kita sendiri yang tahu apa sebetulnya dosa-dosa kita dihadapan Allah, ungkapkan dan sesali Insya Allah , Allah akan membimbing kita menuju Jalan-Nya

      b. Zakat dan Sedekah
      Sudahkah kita Zakat pada saat sedang mampu ??? , ataukah sudahkan kita sedekah ketika rizki kita berlebih.
      Kadang memang timbul pikiran ”wong bayar hutang ajah susah mau sedekah????”
      Justru itu kelebihan kita meskipun punya hutang menumpuk toh kita masih sanggup memberi.
      Tidak jarang ada kejadian diluar dugaan dalam cerita nyata dimana seseorang mempercayai sedekah sebagai penolak bala, lalu mereka menjual hartanya dan menyedekahkan kepada fakir miskin, ternyata Allah malah memberikan balasan melebihi dugaannya
      Gak percaya ? , coba buktikan 

      c. Sholat Dhuha dan Tahajud
      Susah ??? ., jangan tinggalkan yang sunnah, karna dengan sholat Dhuha dan tahajud maka kita kan semakin sering mengadu kepada sang Pemilik solusi dan kekayaan akan masalah kita.

      d. Baca Surat Al Waqiah tiap Pagi
      Ini merupakan salah satu pembuka rizki krn didalam surat AL Waqiah terdapat khasiat tuk meminta kita rizki, coba deh jalankan 

      e. Baca Almatsurat pagi dan sore
      Didalam Al Matsurat ada do’a tuk menghindar dari hutang

      f. Titip Do’a dengan orang yang berangkat Haji atau Umroh
      Jangan pernah meremehkan do’a orang-orang yang sedang menuju rumah Allah baik itu Haji dan Umroh, karna sesungguhnya mereka sedang dekat dengan Allah,
      Sehingga do’anya lebih diijabah, titipkan do’a kepada mereka yang sedang mau berangkat, curhat 4 mata atau tulislah pesan dalam sebuah surat agar mereka yang berangkat ingat tuk membacakan do’a kita..

      g. Tebarkan amalan apapun yang kita bisa
      Uang kita gak punya , tapi kita masih punya ilmu nah tebarkanlah ilmu yang kita bisa , misalnya yah dengan menulis tulisan di blog😀 , ataupun mengajarkan kebaikan kepada sekitar, insya Allah akan membuat jalan kita makin mudah

      h. Perluas silaturahim
      Semakin banyak jaringan maka semakin banyak cara tuk menghadapi hutang, kadang dengan menyambung silahturahim membuat terbukanya peluang rizki ,yaa jangan jauh-jauh contohnya saya, gak sedikit orang baru yang saya kenal membuat saya kuat menjalankan silaturahim, tiba-tiba malah jadi peluang rizki saya tuk bisa kerjasama dengan orang-orang tsb 

      2. Usaha Optimal Duniawi :
      Pendekatan dengan Allah sudah nah sekarang usaha optimal dalam kehidupan dunia
      a. Turunkan Gaya hidup
      Jangan pernah malu tuk menurunkan gaya hdiup, misalnya yang biasanya makan siang dikantor jajan diluar , mulailah bawa bekel dari rumah, yang tadinya naik taxi pulang balik ke kantor mulailah naik kereta atau busway , HP yang merknya mahal ganti dengan yang murah yang terpentingkan fungsinya 

      b. Jual semua harta yang kita miliki tuk membayar hutang
      Banyak yang terjadi dilapangan orang punya hutang banyak tapi gak mau jual hartanya dengan alasan sayang ,malu dan gak mungkin atau nilanya gak seberapa
      Toh berapapun harganya itu ada nilainya kaaan , dan intinya malah bisa membantu bayar hutang. Jangan pernah sayang buat harta duniawi yang kita punya.
      c. Lunasi hutang mulai bertahap sedikit demi sedikt dengan skala prioritas
      Hutang dihadapi dengna serius dengan skala prioritas tentunya yaitu :
      1. Lintah darat atau bank, ini penting kita selesaikan terlebih dahulu karna bunga berbunga tak pernah ada habisnya sehingga harus dipangkas
      2. Teman
      Jangan biarkan teman berubah fungsi menjadi musuh,
      Kadang yang terjadi adalah yang punya hutang pura-pura lupa bayar ataupun malah membuat silaturahim yang buruk sehingga yang mengutangi malah merasa dikejar-kejar
      Itu malah membuat tambah tidak berkah , baiknya jangan pernah memutuskan silaturahim dengna orang yang pernah menolong kita, apalagi pura-pura lupa seakan akan kita gak punya hutang,
      Dekati dan bicarakan baik-baik bahwasanya kita sedang kesulitan membayar hutang kita padanya, ungkapkan bahwa kita sedang mempunyai hutang banyak dan berjanji membayarnya.
      Nah berjanji membayar harus dengan perhitungan yang benar bukan sekedar omongan gak bertanggungjawab. Beberkan hutang kita totalnya shg misalnya kita sanggup mencicil hanya Rp. 50.000 perbulan sebagai niatan baik dibandingkan kita diam dan menumpuk hutang kita
      Intinya tunjukkan niat baik kita kepada teman kita.
      3. Keluarga
      Keluarga adalah prioritas terakhir karna mereka mudah memahami dibandingkan dengan Lintah Darat, Bank dan Teman.
      Caranya sama bicarakan dengan bijak dan tunjukkan sikap kita niat baik membayar hutang.
      Misalnya bonus keluar langsung diberikan sebagian kepada keluarga tuk membayar hutang kita sebagai tanda keseriusan kita
      Demikian saran dari saya semoga bermanfaat .

  5. Sy sngat mengiginkan belaian suami setelah melahirkan,sangat sangat ingin padahal masih waktu nifas.n sy sangat keberatan bengat perubahan fisik sy setelah melahirkan,jd gendut sy sngat gk sauka.

  6. Dear Ibu Alang…Allah sangat lah Adil memberi kita waktu nifas agar kita fokus terhadap bayi dan suami tidak mengganggu saat lelahnya kita🙂, perubahan fisik bisa kembali asalkan ibu mau berusaha keras, insya Allah menjadi ibu sangatlah menyenangkan🙂

  7. Umi sy mau curhat suami sy sejak 6 tahun lalu menganggur praktis hanya sy sj yg bekerja dan mencukupi kebutuhan rumah tangga skrg terpaaksa berhutang tp suami juga tdk bisa membantu, saya sdh berdoa, sholat tahajud dan dhuha utk spy suami rejekinya lancar dan dibukakan pintu utk usaha sejak suami memutuskan utk berhenti dan keluar dr pekerjan lamanya, tp sd skrg kok blm ada tanda2 peroleh pekerjaan apa yg hrs sy lakukan lagi ya umi sy jg sdh dikaruniai 2 anak perempuan kelas 3smp dan laki-laki kelas 5 sd yg kadang juga sdh meminta spy ayahnya berkerja tp alasanya sdh mencoba usaha dan melamar pekerjaan tp tdk diterima, mnrt sy usahanya tdk maksimal dan mmg senang bergantung ke sy meskipun dia betsumpah tidak spt itu. Sy hampir pasrah dan bertanya dibalik kesuksesan suami ada jasa isteri tp klu posisi sy spt ino apa yg salah ya sy sdh cb iklas sbg tulang punggung keluarga tp sy jg sadar hrsnya itu jd tgjwb suami saat ini semua urusa rumah tangga sy semua.

  8. Assalamualaikum,

    Siang ummi, saya wanita umur 31 thn sudah menikah selama 6 thn dan memiliki anak umur 4 thn 5 bln. ummi saya benar” dlam keadaan rapuh suami saya selingkuh dan perselingkuhan nya sudah terjadi dlm hitungan tahun, selama ini saya berusaha sabar dan kuat karena memikirkan anak kasihan dengan anak kalau smpai saya memilih berpisah. dan saya yakin suami juga tidak mungkin mau menceraikan saya, klau pun saya ngotot minta cerai pasti dia akan merebut anak saya karena kata” tersebut pernah terucap dari mulutnya. saya benar” bingung ummi bagaimana harus bersikap? kalau cinta sy msh sangat mencintai suami saya, dan terus terang semenjak menikah kehidupan keluarga saya sedikit meningkat karena bantuan suami. saya juga bekerja tapi gaji saya tidak akan cukup menanggung semua kebutuhan keluarga, karena saya msh tinggal 1 rumah dgn ibu dan adik” saya, ayah saya sudah lama meninggal. karena itu saya yg menanggung semua kebutuhan keluarga. setelah menikah suami lah yg merubah kehidupan keluarga saya, sebenarnya suami saya memiliki hati yg baik. tapi bagaimana kalau dia terus” an selingkuh saya juga tidak kuat ummi.
    saya sudah berusaha menjadi istri yg baik, sabar, dan walaupun sudah lama sy mengetahui perselingkuhan suami saya tidak pernah ngamuk” seperti mgkn istri” lain.
    menurut pendapat ummi saya harus bagaimana? sebenarnya saya sangat ingin bertahan dalam rumah tangga ini, tapi bagaimana saya bisa bertahan? klu menyuruh suami tinggalkan selingkuhannya jg percuma, didpn saya dia blg tdk ada apa” tapi sy kan tidak bisa kontrol dia 24 jam. sampai” saya berpikir yg bisa merubah suami saya hanya kebesaran tuhan. tapi sampai kapan saya harus bertahan dan menunggu suami berubah? tolong bantu saya ya ummi. terimakasih.

  9. Assalamu’alaikum umi….saya mau tanya saya punya kesalahan pada suami,,,saya sudah menyakiti hatinya dengan kata2 saya,,berkali kali saya sudah minta maaf tapi suami ga mau memaafkan,,,apakah itu artinya Allah masih tetap tidak ridho dg saya,, mohon bantuanya umi,,apa yang harus sya lakukan karena masalah ini sudah berlangsung sekitar 5 bulan.wassalamualaikum..

    • ‎​وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
      Maaf kalau telat jawabnya, suami yang tidak memaafkan istrinya sama saja dengan menggantung posisi istrinya, diceraikan tidak dianggap istri juga tidak, sungguh itu merupakan perbuatan yang sangat tak bijaksana. Apalagi istri telah meminta maaf.
      Baiknya tetap istiqomah menunjukkan bahwa ibu telah menyesal menyakitinya dan tetap berbuat baik kepada suami ibu.
      AdA hikmah yang diambil bahwa ini bagian dari ujian ibu yang اَللّهُ beri karna ibu dianggap mampu menghadapinya.
      Tetap berdo’a ntuk dapat meluruhkan hati suami ibu kepada اَللّهُ , krn اَللّهُ lah pemilik hatinya.
      ‎​اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ ujian akan berakhir dan tiba nantinya kan memetik buah dari hasil kesabaran ibu.
      Jangan dijauhi dan dibenci tapi tetap menghormatinya.
      Pengakuan sesal karna tlah menyakitinya bukan hanya dr kata-kata , tapi juga harus dari tingkah laku.
      Jaga komunikasi, tumbuhkan selalu semangat ntuk berubah lebih baik yang menjadikan dia bangga telah menjadi suami ibu.
      Dekati ibu suami dan jadikan beliau sebagai jembatan komunikasi ibu
      Salam,
      Semoga اَللّهُ mengabulkan permohonan ibu

      • Subhanalloh,,,,terima kasih atas masukanya umi,,,saya akan berusaha menjadi istri yang lebih baik

  10. I just want to tell you that I’m new to weblog and actually loved your web site. Most likely I’m going to bookmark your website . You surely come with really good articles. Cheers for revealing your blog site.

  11. I simply want to mention I am just newbie to blogging and really liked this page. Most likely I’m want to bookmark your site . You actually have superb posts. Thanks a lot for sharing your blog site.

  12. asalammualaikum umi,
    perkenalkan saya seorang suami berumur 27 tahun, saya dianugrahi seorang putra berumur 2 thn. saat ini sayasedang dapat ujian dari allah melalui istri saya, suatu ketika istri saya berhenti bekerja karena mengandung anak kami,dan meminta untuk dibuatkan suatu usaha. saya berkata saat itu saya tidak punya uang untuk membukakan istri saya usaha,namun karena istri saya berkata dia akan meminjam ke orang lain, maka sekuat tenaga saya mencari modal tersebut agar istri saya tidak berhutang. sampai untuk jalan terakhir saya meminjam ke bank. singkat cerita suatu ketika istri saya berbohong dan tidak jujur dengan saya sehingga banyak orang yang dirugikan. saya bertengkar hebat dan memukul istri saya karena suara meninggi dan juga tidak kunjung jujur walaupun orang tua nya sudah bertanya.dan karenA jalan terakhir untuk saya agar istri saya mengerti. dan pertanyaan saya :
    1. bagaimanakah hukum istri saya yg mendustai suaminya padahal suaminya tidak pernah mengajarkan berbohong dan menjaga diri saat mencari nafkah.
    2. berdosakah saya memukul istri saya
    3. bagaimana menyikapi istri yang sering berdusta dan memfitnah serta membuka aib suami kepada orang tuanya.
    4. apakah hukumnya jika istri saya kabur dari rumah ke rumah orang tuanya tanpa izin dari suami. dan ini didukung oleh orang tua nya
    5. apakah ada jalan lain selain saya men talak istri saya.
    6. bagaimana saya menyikapi orang tua nya
    terima kasih umi. mohon pencerahannya.

    • Walaikumsalam Wr Wb

      Maaf Pak saya baru bisa menjawabnya, maklum saat ini pekerjaan kantor menyita waktu😀
      Sekilas dari email bapak istri bapak berusaha untuk membantu suami namun memang mungkin karna masih coba-coba menjadikan bisnisnya kurang lancar, mungkin karna takut mengecewakan bapak jadinya istri bapak tidak mau bercerita.
      1. Istri berdusta pasti ada alasan yang membuat dia terpaksa berdusta, dan mungkin terlalu takut mengungkapkan kebenaran yang mengakibatkan bapak membencinya. Namun hukumnya berbohong memang berdosa kecuali dengan alasan yaitu untuk menyelamatkan orang, untuk mendamaikan orang yang bertengkar.
      Cobalah komunikasikan dengan cara yang lembah lembut , mungkin kebohongan nya adalah bentuk ketakutan akan kehilangan bapak
      2. Tidak benar ajaran Islam menyuruh melakukan tindakan tidak beradab itu. Rasulullah Saw. dalam sebuah haditsnya bersabda, ‘La tadhribu imaallah!’[1] Maknanya, ‘Jangan kalian pukul kaum perempuan!’ Dalam hadits yang lain, beliau menjelaskan bahwa sebaik-baik lelaki atau suami adalah yang berbuat baik pada isterinya.[2] Dan memang, di dalam Al-Qur’an ada sebuah ayat yang membolehkan seorang suami memukul isterinya. Tapi harus diperhatikan dengan baik untuk isteri macam apa? Dalam situasi seperti apa? Tujuannya untuk apa? Dan cara memukulnya bagaimana? Ayat itu ada dalam surat An-Nisa, tepatnya ayat 34:

      “Sebab itu, maka Wanita yang saleh ialah yang ta’at kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu kuatirkan nusyuznya, maka nasihatilah mereka dan pisahkanlah mereka dari tempat tidur dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Mahatinggi lagi Mahabesar.”

      Jadi seorang suami diperbolehkan untuk memukul isterinya yang telah terlihat tanda-tanda nusyuz.”

      Alicia menyela, “Nusyuz itu apa?”

      “Nusyuz adalah tindakan atau perilaku seorang isteri yang tidak bersahabat pada suaminya. Dalam Islam suami isteri ibarat dua ruh dalam satu jasad. Jasadnya adalah rumah tangga. Keduanya harus saling menjaga, saling menghormati, saling mencintai, saling menyayangi, saling mengisi, saling memuliakan dan saling menjaga. Isteri yang nusyuz adalah isteri yang tidak lagi menghormati, mencintai, menjaga dan memuliakan suaminya. Isteri yang tidak lagi komitmen pada ikatan suci pernikahan. Jika seorang suami melihat ada gejala isterinya hendak nusyuz, hendak menodai ikatan suci pernikahan, maka Al-Qur’an memberikan tuntunan bagaimana seorang suami harus bersikap untuk mengembalikan isterinya ke jalan yang benar, demi menyelamatkan keutuhan rumah tangganya. Tuntunan itu ada dalam surat An-Nisaa ayat 34 tadi. Di situ Al-Qur’an memberikan tuntunan melalui tiga tahapan,

      Pertama, menasihati isteri dengan baik-baik, dengan kata-kata yang bijaksana, kata-kata yang menyentuh hatinya sehingga dia bisa segera kembali ke jalan yang lurus. Sama sekali tidak diperkenankan mencela isteri dengan kata-kata kasar. Baginda Rasulullah melarang hal itu. Kata-kata kasar lebih menyakitkan daripada tusukan pedang.

      Jika dengan nasihat tidak juga mempan, Al-Qur’an memberikan jalan kedua, yaitu pisah tempat tidur dengan isteri. Dengan harapan isteri yang mulai nusyuz itu bisa merasa dan interospeksi. Seorang isteri yang benar-benar mencintai suaminya dia akan sangat terasa dan mendapatkan teguran jika sang suami tidak mau tidur dengannya. Dengan teguran ini diharapkan isteri kembali salehah. Dan rumah tangga tetap utuh harmonis.

      Namun jika ternyata sang isteri memang bebal. Nuraninya telah tertutupi oleh hawa nafsunya. Ia tidak mau juga berubah setelah diingatkan dengan dua cara tersebut barulah menggunakan cara ketiga, yaitu memukul.

      Yang sering tidak dipahami oleh orang banyak adalah cara memukul yang dikehendaki Al-Qur’an ini. Tidak boleh sembarangan. Suami boleh memukul dengan syarat:

      Pertama, telah menggunakan dua cara sebelumnya namun tidak mempan. Tidak diperbolehkan langsung main pukul. Isteri salah sedikit main pukul. Ini jauh dari Islam, jauh dari tuntunan Al-Qur’an. Dan Islam tidak bertanggung jawab atas tindakan kelaliman seperti itu.

      Kedua, tidak boleh memukul muka. Sebab muka seseorang adalah segalanya bagi manusia. Rasulullah melarang memukul muka.

      Ketiga, tidak boleh menyakitkan. Rasulullah Saw. bersabda, ‘Bertakwalah kepada Allah dalam masalah perempuan (isteri). Mereka adalah orang-orang yang membantu kalian. Kalian punya hak pada mereka, yaitu mereka tidak boleh menyentuhkan pada tempat tidur kalian lelaki yang kalian benci. Jika mereka melakukan hal itu maka kalian boleh memukul mereka dengan pukulan yang tidak menyakitkan (ghairu mubrah). Dan kalian punya kewajiban pada mereka yaitu memberi rizki dan memberi pakaian yang baik.’[3] Para ulama ahli fiqih dan ulama tafsir menjelaskan kriteria ‘ghairu mubrah’ atau ‘tidak menyakitkan’ yaitu tidak sampai meninggalkan bekas, tidak sampai membuat tulang retak, dan tidak di bagian tubuh yang berbahaya jika kena pukulan.

      Dengan menghayati benar-benar kandungan ayat suci Al-Qur’an itu dan makna hadits-hadits Rasulullah itu akan jelas sekali seperti apa sebenarnya ajaran Islam. Apakah seperti yang dituduhkan dan diopinikan di Barat yang menghinakan wanita? Apakah tuntunan mulia seperti itu, yang bertujuan menyelamatkan bahtera rumah tangga karena ada gejala isteri hendak nusyuz, tidak lagi bersahabat pada suaminya, hendak menodai ikatan suci pernikahan dianggap tiada beradab?

      Kapan seorang suami diperbolehkan memukul? Pada isteri macam apa? Syaratnya memukulnya apa saja? Tujuannya apa? Itu semua haruslah diperhatikan dengan seksama. Memukul seorang isteri jahat tak tahu diri dengan pukulan yang tidak menyakitkan agar ia sadar kembali demi keutuhan rumah tangga, apakah itu tidak jauh lebih mulia daripada membiarkan isteri berbuat seenak nafsunya dan menghancurkan rumah tangga?

      Ya inilah ajaran Islam dalam mensikapi seorang isteri yang berperilaku tidak terpuji. Islam sangat memuliakan perempuan, bahwa di telapak kaki ibulah surga anak lelaki. Hanya seorang lelaki mulia yang memuliakan wanita. Demikian Islam mengajarkan.”

      3. Memfitnah dan membongkar aib suami merupakan perbuatan berdosa , nasehatilah istri Bapak , sbaik-baiknya suami adalah suami yang mampu memimpin keluarganya

      4. Istri pergi tanpa ijin suami tentu berdosa hukumnya, namun tak ada salahnya Bapak lebih memaafkan istri bapak karna mungkin istri bapak sedang dalam kondisi galau.

      5.Talak adalah merupakan jalan terakhir , Talak bila mana sudah tidak ada jalan lagi, kenapa Allah memberikan hak talak kepada suami karna suami lebih baik pola berpikir, jadi pasti ada jalan lain, komunikasikan lah dengan istri anda sebaik-baiknya berilah pengertian. Masa pernikahan dibawah 5 tahun memang masa dimana badai biasanya datang , bersabarlah🙂

      6. Orangtua tetaplah berlaku baik , namun jagalah jarak agar tidak terjadi slek , dekati dengan baik mudah-mudahan dengan kebaikan sikap bapak orang tua istri bapak bisa memahami

      Demikian ya Pak semoga keluarga Bapak dijadikan keluarga yang sakinah mawardah dan warohmah , aamiiin 3x🙂

  13. Assalamu Alaikum wr. wb.

    saya minta solusi sama umi, orang tua saya lagi dalam masalah keluarga dan masalah terlilit hutang dengan rentenir yang tak kunjung habis2 nya , orang tua saya sudah jual harta benda yang lain, tapi hutang nya juga belum lunas, saya ingin membantu orang tua saya,
    tapi umi apakah ini juga cobaan dr allah untuk saya, saya membayar hutang orang tua saya menggunakan uang yang saya kumpulkan bersama dengan calon suami saya dan kami berniat akan menikah ditahun ini,tapi uang nya sudah saya bayar dengan rentenir itupun masih kurang.

    umi mohon beri pencerahan kepada saya, apakah ini cobaan buat saya untuk tidak menikah ditahun ini dan cobaan ke dua orang tua saya, mohon bantu saya menjadi orang yang ikhlas dan rhido atas semua yang allah berikan kepada saya, dan saya harus bagaimana umi
    Terima kasih
    Wasalam mualaikum wr.wb

  14. Saya sdh 11 thn menikah, 3 thn kebelakang rt kami mengalami cobaan, suami saya selingkuh dgn srorang janda 1 anak cerai. Setelah mengetahuinya akhirnya suami saya tobat dan menibggalkannya, tapi wanita ini sepertinya berusaha uendekati suami saya. Sehingga ketika doa datang suami saya tdk bisa menolaknya yg ada bethubungn lg. Sampai akhurnya saya berantem deng selingkuhannya. Meskipun saya sdh dihina oleh selingkuhamnya. Tp diam diam setelah lewat beberapa bln. Mereka menjalin lagi medkipun kami telah diuji kehilangan anak kami
    Apa yg harus saya lakukan thd suami saya. Saya pernah berusaha menyadarkannya bhwa wanita itu tdk baik tp malah saya disanggka buruk sangka

  15. Ass,umi,sy seorg ibu RT yg profesi sebagai Guru disekolah dasar dgn Gol 11C,disini sy pux masalah dgn hutang pd rentenir,yg suku bungax bervariasi,ada pun utang sy berkisar 50jtan,utang ttersebut menumpuk karena bungax ygtak pernah sy bayar..bats pembayaranx akn jatuh tempo bln ini yakni bln desember ini,untuk itu umi sy memohon bagaimn jln keluar untuk bebas dari hutang ini,sy mohon bantuanx umi..sdh berbagai cara sy lakukan tp tak satu pun berhasil….sedekalah ,sholatlah,mengajilah..jd apakah ini adl ujian atw cobaan untuk sy???.mohon penyegaranya..wasalam

  16. ummi … nama saya bunga,22thn ..
    3thun saya menjalani peran sbg istri ,dan 2thn sya menjadi ibu …
    kalau ingin diingat dr awal,mungkin air mata ini gk akan cukup untk menampung rasa seDih,
    dlu suami qu gk pernah mw dnger ap yg aq ingnkan,sdgkn kalo aq ngmong aq yg pasti slah ,akhir2 ini aq lbh memilih diem dr pd pRotes ,tp knpa hati ini malah nmbah sakit..
    dy gk pernah ngerasa salah,sdngkan aq yg psti slalu salah,dan akhrnya aq didiemin ..slama ini aq minta maaf dan mengalah tp tetep kadang gak dipeDuliin …
    aq jg manusia yg bsa sakit kalo didiemin kaya gk dianggep …

  17. Assalamualaikum ummi,sya dri bali,saat ini sya mlkukan kesalahan yang amat sangat bsar,sya tlah mengambil milik org(mencuri)dan kali ini sya ketuan, sya sngat takut,apalgi skrg semua org membicarakan sya,sya berusaha sabar dan trima malu tpi d phk lain da suami dan keluarga yg jg hrus menanggung malu,bahkan hri ini berencana dtg ke rmh org trsbut,sungguh sya sngat tkut,bahkan mertua sya mengacam agar suami menceraikan sya,sya tkutt ummi,mohon silusi apa yg hrus sya lkkan,terima kasih,wassalam

  18. Sy ibu rumah tangga dgn 3 orng anak, sdh 1thn 2bln suami meninggalkan rumah dan sampai saat ini tidak ada kabar nya sama sekali sementara kami punya hutang di BANK dengn menitip kan sertifikat rumah.. Dan selama suami pergi angsuran BANK tidak pernah lg kami cicil yg ingn sy tanyakan
    Bagaiman solusi menghadapai pihak BANK yd dlm waktu dekat akan menyita rumah kami dan selama 1thn ini sy yg membiayai anak2 sedngkan. Suami lari dr tanggung jawab nya terhadp anak2 , trimaksh

  19. Assalamualaikum ummi, perkenalkan nama saya dedi, saya seorang suami berumur 26 tahun, sy minta tolong kepada ummi untuk memberi solusi kepada saya,
    dalam hal ini saya bingung cara dan tindakan apa yang harus saya lakukan.
    istri saya meninggalkan rumah dengan membawa anak saya karena sebelumnya kami ada pertengkaran, pertengkaran dimulai pada saat saya menasehatinya ttg pekerjaan rumah tangga, tapi dia tidak terima karena alsannya dia kecapean mengurus rumah tangga, saya terlalu banyak nuntut, gitu katanya. setelah itu saya pergi keluar untuk membeli sesuatu, pada saat pulang saya tidak menemukan istri dan anak saya, dan dia tidak ada berpamitan dengan saya.
    yang mau saya tanyakan bagaimana cara dan sikap saya terhadap situasi di atas, tlng ummi solusinya
    terima kasih umi

    • Dear Mas Dedi,
      Walaikumsalam Wr Wb

      Maaf baru sempat respon,
      Salam kenal Mas Dedi,
      Pertengkaran dalam rumah tangga , memang tidak bisa dihindari dan bagian dari ujian semua pasangan, even pasangan yang terlihat adem ayem sekalipun🙂
      cobalah untuk berkomunikasi dan bertanya apa tuntutan yang dirasa berat, dan jangan lupa meminta kepada Allah untuk dapat melewati dari ujian tersebut.
      Kesabaran adalah jawaban no.1 untuk solusi
      Insya Allah, akan diberikan jalan dan solusinya

      Aamiin YRA

  20. Assalamualaikum umi…

    Umi saya ingin curhat,sudah lebih dari 2minggu ini saya tidak mendapat nafkah bathin dari suami.sudah sebulan lebih ini suami saya berubah,saya curiga dia ada wanita lain dikantornya.aku sudah bertanya pada suamiku dan wanita itu tetapi mereka tetap tidak mengaku. Suamiku juga sekarang jadi mendiamkan aku karna aku menegur dan bercerita mengenai rumah tangga kami ke wanita itu dan aku juga bercerita ke kakak suamiku dan suamiku tidak terima dinasehatin oleh kakaknya.
    Mohon pengarahan dan bantuannya,aku harus bagaimana lagi.aku ingin suamiku yang dulu kembali lagi,bukan yg seperti sekarang,jadi jutek,bicara seperlunya dan penuh rahasia dengan saya.

    Wassalamualaikum
    Namira

  21. assalamualaikum.
    mohon maaf saya mau minta nasihatnya. saya sudah berusaha mencari kerja namun selalu gagal dengan alasan umur. ( hampir 34 thn) kalau mau wiraswasta modal tidak ada sedangkan anak perlu makan sekolah. tp penghasilan tidak ada. seakan saya ingin mati saja.
    jadi amalan atau apa yg bisa mempermudah mencari nafkah untuk keperluan keluarga saya.

    terima kasih
    wanda

  22. Assalamuallaikum umi,begini paman saya pinjam uang pada ayah saya utuk menikah, dan membayar dengan sebidang tanah itu perjanjian awal dan lisan , lalu setelah sekian lama paman saya membatalkannya dan membayar hutang dengan uang dan menjual tanah tsb tanpa izin ayah saya yg ingin saya tanyakan bagaimana hukumnya hal tsb, ayah saya hga skrg slalu merasa bersalah knp tdak memperjuangkan tanah itu agar kami bsa punya rumah ,trimakasih sebelumnya.

  23. Assalamua’laikum umi
    Saya istri berusia 29thn…saya menjadi tulang punggung keluarga dg 2 orang anak…suami saya tidak bekerja…orang tua saya terlilit hutang yg tak kunjung lunas…saya merasa begitu berat yg harus saya pikul…berbagai cara pekerjaan saya lakukan untuk menafkahi keluarga dan mencicil hutang orang tua…terkadang saya sedih karna orang tua saya membiarkan saya pergi dg lelaki lain hanya untuk uang … kalau tidak saya lakukan bisa makan apa anak2 saya…suami saya sulit sekali untuk bekerja….mohon sulusi untuk saya umi…
    Assalamu’alaikum
    J

  24. Assalamuallaikum umi,saat ini sedang terlilit hutang di bank dan teman yg ada bunganya<sy punya usaha mlm tp bln mei kmrn sedikit merosot penjualan saya,dan saya tidak bs membayar hutang kantor,bank,teman yg berbunga ,saya sdh berusaha,tp saya tidak tahu lagi jalan keluarnya

    • Walaikumsalam mbak Michah
      yang sabar ya mbak,
      Coba dibaca tulisan saya yang kalau terlilit hutang,
      Semoga Allah memudahkan jalan mbak Michah dan diberikan rizki yang berlimpah

      Aaamin YRA

  25. Assalamualaikum Ummi, saya mau minta saran,
    kekasih saya memaksa saya utk melakukan ciuman, dan pd saat tuh saya tdk mau melakukan.y tp saya di pksa2 utk melakukanya, dan saat tuh saya menyesal sudah melakukan perbuatan dosa tuh. Apakah yg harus saya lakukan ptusn dia yg sudah menjatuhkn harga diri saya / memperthnkn hubngn tp saya akan ttp di perlakukan seperti tuh?
    Wasalamualaikum wr..wb

  26. Assalamualaikum wr,wb
    hay ummi, saya mau minta saran
    saya seorang gadis yg bru brusia 16 thn dan saya jga bru kls 2 SMA. Permasalahn yg saya hadapi sngt rumit, begini ummi, saya mempunyai seorang kekasih , dan dia sngt baik padaku qta sudah pcrn slma 1 thn tp skrng dia sngt brbda ummi, dia slalu mksa2 saya untuk melakukan ciuman, yg menurut saya perbuatan tuh sngt trburuk.. Tp stlh beberapa minggu dia mksa2 saya yg pada akhry saya melakukan ciuman tuh. Saya menyesal, saya sudah mengecewakan kdua orang tua saya. Apa yg harus saya lakukan ummi, apa saya harus memutuskn dia yg sudah tk menghargai harga diri saya atau saya ttp memperthnkn dia demi cinta? Pliz umi ksh saran ya
    wasalamualaikum wr..wb

    • Walaikumsalam
      Aduh mbak Ayu maaf umi baru sempat membalas surat cinta ini🙂,
      Dear Mbak Ayu , saran umi baiknya tidak diteruskan ,
      dimana Pacaran lebih banyak mengarah ke maksiat daripada kebaikan.
      Dan apalagi pacar mbak Ayu sudah mulai nyeleneh, hmmm bahaya banget mba Ayu
      Yuk Ah , back to Allah,
      Fokus belajar sampai Allah mempertemukan pasangan yang siap bertanggungjawab dan menjadi suami
      Jadikan semangat dan prinsip , kalau hanya suami saja yang berhak menyentuh nanti🙂

      Salam sayang
      Umi

  27. Assalamualaikum.Mba sy mau cerita ttg kehidupan sy pribadi, sy adl seorang istri dan ibu 2 anak. Kehidupan kami dari mulai membina rmh tngga sudah ada masalah klrga, yaitu suami sy hrs tinggal bersama ibunya,sy pun mengikuti suami sy dirumah itu,namun hari demi hari sy tidak betah berada satu rumah dg mertua dan kakak dari suami sy, lalu sy bertngkar dg suami sy sampai2 sy sering mendapat pukulan2 dari suami, hal itu terjadi sampai 6 th sy berumah tangga dengan suami. Sy sering minta cerai tetapi suami sy marah dan memukuli sy trs menerus. Apa yg harus sy lakukan mba. Mohon nasihatnya.

  28. Assalamualikum…
    Saya berumur 40 th, dan sudah menikah 10 th yg lalu, istri saya 34 Th, memiliki 2 org anak, 2 Bulan yg lalu istri saya meninggalkan rumah, walaupun sebelumnya sudah saya larang, istri saya tetap pada pendiriannya Untuk pergi dari rumah, Telah beberapa kali pindah kontrakan, akhirnya sekarang istri saya menempati bekas rumah orang tuanya, entah sudah berapa kali istri saya meminta saya agar menceraikannya, namun saya tolak, saya coba untuk datang menemuinya, namun dia selalu menghindar, dan kalau bicara selalu kasar dan tidak pernah memberi kesempatan saya untuk menjelaskan dan setiap kali saya datang, istri saya selalu mengusir saya. Saya sudah minta maaf kepadanya Atas kesalahan saya sebelumnya, dan istri saya menjawab, ” Walaupun sudah meminta maaf, bukan berarti untuk bersatu” demikian ucapanya, walaupun demikian saya berharap, kami bisa bersama kembali, kira2 apa yg mesti saya perbuat selanjutnya, saya sudah bertanya kepada saudara2 dan org tua saya, mereka menyarankan agar saya tetap sabar.
    Mohon bantuannya ummi..
    Wassallamu’alaikum Wr.Wb.

    • Walaikumsalam Wr Wb
      Dh Pak Hendri yang dirahmati Allah,
      mohon maaf kalau saya baru sempat jawab konsultasi Bapak
      kadang manusia sulit untuk melupakan kisah buruk yang terjadi dalam dirinya , bisa jadi Istri Bapak pergi krn perlu waktu sejenak untuk sendiri.
      Memaafkan memang bukan hal yang mudah apa lagi bila kepercayaan yang pernah diberikan tiba-tiba dikhianati,
      Maaf saya coba memposisikan sebagai Istri bapak.
      Kadang wanita perlu bukti , bukti kalau benar benar bapak memang telah menyesal dan khilaf serta tidak akan mengulanginya
      Saran dari saya tetap lah bersabar dan membuktikan bahawa bapak betul betul mau memperbaiki rumah tangga bapak.
      Tiada yang dapat membuat seseorang kembali kecuali ada dalam ijin Allah
      Berdoalah dan mohonlah selalu kepada sang Pebulak balik hati
      Insya Allah , Allah akan selalu memberikan jalannya yang terbaiks

      Wassalam Wr Wb

  29. aku tlah bertengkar sampal aku menampar istriku

    • Dea Pak Yuli,

      Sabar ya pak , jangan pakai kekerasan lagi,
      Seburuk apapun pasangan , tetaplah bersabar

  30. assalamuallaikum umi.
    saya Jonathan.saya sedang di uji sama allah.melalui rumah tangga saya.
    usia saya 20 th.saya menikah muda dengan istri saya.
    awal permasalahan rumah tangga saya adalah karena tempat tinggal.
    saya tinggal bersama ibu saya yg sedang sakit stroke dan adik laki-laki saya.
    istri saya minta ngontrak sendir,tapi saya berat ninggalin ibu saya.
    sekarang istri saya malah pulang ke rumah ibunya,dan selalu meminta cerai umi,di tambah ibu mertua saya juga sering sekali mengompor ngompori istri saya untuk tidak menganggap saya suaminya dan melarang saya untuk menemui anak saya.
    sekarang saya selalu berusaha untuk mengembalikan rumah tangga saya.saya sudah banyak usaha umi untuk meminta istri saya kembali kepada saya.tapi semuanya nol umi.

    saya mohon saran dan masukannya umi.
    assalamuallaikum wr.wb.

    • Walaikumsalam Wr Wb
      Dear Mas Jonathan, hidup rumah tangga baru memang akan ada problematika yang datang silih berganti,
      Tetaplah berusaha untuk meminta istri kembali, jangan lupa untuk meminta kepada sang Pemilik hati,
      sesungguhnya Allah membebani masalah sesuai dengan kemampuan kita.
      Tetap yang terbaik

  31. Assalamu’alaikum wr..wb
    Sya berumur 25thn,umur pernikahan sya 2thn,selama 2thn sya telah d bohongi oleh suami sya dan kel nya,sya mengenal suami sya wktu itu status nya msh beristri,sya bekerja dgn beliau selama 2bln,wktu itu sya tdk tertarik kpd nya,tetapi selama sya krj dgn beliau,sya sering mendapat curhatan dr kel dan temannya,bahwa beliau kel nya sudah tdk harmonis lg,bahkan sya sering mendengar beliau marah2 pd istri nya,tdk lama beliau mengajak sya serius,pd wktu itu org tua sya pun sudah memaksa sya untuk menikah,sya berkata kpd beliau,bukan anda sudah memiliki istri,beliau menjawb,sudah lama rmh tgga sya td harmonis,hanya sja terhalang oleh kehamilan istrinya.kemudian kedua ortu nya juga memanggil sya,beliau merestui sya,kata sya lbh baik urus dulu aja rmh tangga anda,sebelum anda meminang sya,mereka berucap proses cerai lumayan butuh wktu,bagaimana kl nikah sirih dulu,menghindari zinah,smbil proses cerai,setelah itu bru resepsi,suami dan kel nya berjanji 3bln akan selesai,tp umi sudah 2thn ini blm ada ke jelasan pd sya dan kel sya,ortu sya sgat terpukul dgn pernikahan ini,kel sya merasa sudah d bohongi,sya sering menanyakannya,tp jwb suami sya sabar n sabar,suatu ketika hub kami ketawan,dan istrinya dtang k rmh,ketika itu suami d suruh milih dia atau sya,suami memilih dia krna suami sya punya hutang,bila cerai dgn nya hrus d bayar hari itu juga,tp suami sya lgsung sms,ini sya tdk menyerahkan km sungguh2,sya akan ttp kembali k km,sampai saat ini beliau msh sering datang k sya,sya bingung umi,ini pernikahan pertama sya,tp sya sudah d bohongi seperti ini,semenjak ketawan mertua sya tdk pernah hub saya,katanya beliau tdk pernah menikahinya,mertua sya org ngarti agama,tp knp seperti itu,apa krna derajat sya dgn istri pertama nya jauh berbeda,sya punya suami,tp sya tdk punya mertua dan ipar,bahkan sya d suruh kb smpai saat ini,sya telah mengecewakan kel ..umi sya mohon jwbn yg jelas,dan sebaik2 nya untuk sya dan kel saya…makasih umi
    Wasalammmm

  32. Assalamualaikum umi…
    Sy yuni 21 tahun sdh menikah, suami sy 24 th,
    Alhamdullilah sdh d karuniai seorang putra,
    Umi sy menikah baru 2 th
    Tp sy sering menemukan sms d hp suami sy dg kata2 syank dengan banyak wanita trmasuk teman2 sy jg sering d sms, sontak sy langsung nangis tp slalu suami mengetahuinya lalu suami minta maaf smbil mmluk sy dn berjanji dan bersumpah dg nama ALLAH gk akan ngulangi lagi,,dn akhirnya sy memafkanya, tp knyataanya kjadian ini sdh berulang 3x,
    Trakhir sy bnr2 gk bs brbuat apa2, sy berikan dy 2 prmintaan biarin aq prgi dr rmh ato brcerai, tp dy mencium kaki sy n brjanji ini yg trakhir dy melakukan kslhn,krn dy gk mw khilangan sy dn anak sy, dn lagi2 sy memafkan meskipun kprcyaan sy kepada suami sy sdh hilang krn dy brani brsumpah dg nama ALLAH tp hatinya berdusta,, menurut umi apa yg hrus sy lakukan,, sy tkut dy mengulangi kslhanya lg, bagaimanapun jg sy msih sgt mencintainya

    • Walaikumsalam Wr Wb
      Maaf saya baru sempat membalas,
      Bila mbak Yuni masih mencintainya maka berdoalah selalu agar Allah merubah karakter suami Mba Yuni.
      Ada kalanya laki laki bersikap demikian adalah karena kurangnya rasa tanggung jawab dan merasa tak akan mungkin mba Yuni sanggup meninggalkannya.
      Dan ada kalanya sebagai Istri kadang kita perlu tutup kuping dan mata untuk menahan agar jangan jadikan sumber pertikaian kita.
      Berdoalah dan mendekatkan diri pada Allah , terus menerus melakukan kebaikan, jangan dibalas perbuatannya karena justru itu satu pokok Syetan untuk menjadikan perceraian diantara Suami Istri.
      Percayalah pada suami mbak Yuni, agar rumah tangga berjalan dengan nyaman,
      Jangan membayangkan yang tidak tidak, selalu berbaiksangkalah pada nya.
      Semoga keadaan rumah tangga mba Yuni menjadi membaik

      Salam,

  33. Assalamu’alaikum…saya wanita usia 33 tahun suda menikah dan mempunyai 2 orang anak, suami saya penggangguran dan mengharapkan uang dari keluarganya yg kaya untuk kehidupan kami sehari – hari, sampai pada akhirnya barang2 kami satu persatu terjual, karena di lilit hutang di bank,.. sedangkan anak saya masih sekolah dan kecil, untuk bekerja di luaar saya cuma tamatan sma dengan umur yg sudah tidak memungkinkan. bukan itu saja masalah saya umi,… keluarga papa dan mama saya bercerai sejak saya masih sma dan saya sudah membiayai kehidupan adik saya sejak tamat smu,.. tp sejak saya menikah saya tidak ada keuangan lebih lagi untuk membiayai ibu saya, karna dengan keadaan skrg pun rumah tangga saya sedang kekurangan,..apa yang harus saya lakukan umi,… sebenarnya bukan itu saja masalah saya umi ada yg lebih kompleks lagi,… mungkin bsk kalo boleh saya mau curhat lagi,.. terima kasih umi,…
    salam

    • Walaikumsalam Mbak Tri🙂
      Setiap manusia diuji dengan kompetensinya masing-masing, dan percayalah Allah menguji mbak Tri pun sesuai dengan kemampuan mbak Tri.
      Pasti ada jalan dari Allah, selain ikhtiar mencari solusi dunia, cobalah mengamalkan sholat dhuha, puasa sunah ,baca Almatsurat pagi sore dan surat Al Waqiah setiap pagi, dan jangan lupa bersedekah , smiskin apapun kita sempatkan lah , walaupun hanya 1000 rupiah , karna janji Allah dengan orang yang bersedekah tak pernah meleset🙂

      Demikian mbak , salam kenal dan sayang selalu
      Ummi Safira

  34. Assalamualaikum umi saya adit 19tahun ingin curhat apa yg terjadi dengan keluarga saya skrg . Usia pernikahan ayah dan ibu saya sdh hampir 21 tahun . Ttpi dlu saat saya msh tk ayah saya pernah menikah lg dan ketahuan . Mereka mmpunyai 1org anak dan skrg tinggal 1 rumah dgn kami walaupun mama saya berat menerimanya karena ibu tiri saya sdh meninggal . Trus yg jd masalah skrg ayah sya kembali selingkuh lg umi . Yg jd prtanyaan harus bagaimanakah saya ? Apakah harus saya beritau ibu saya atau bagaimana ?

  35. Assalamu’alaikum……umi saya seorang suami beranak satu,saya mau curhat…..waktu kita bertengkar saya mengucapkan “ya uda nanti kita selesain”,maksud saya dgn bicara begitu supaya istri saya tau dampak dari kesalahannya,tp ternyata istri saya menganggap kita sudah benar2 cerai padahal saya gak mengucapkan kata talak atau cerai,krn ketidaktahuan saya maka saya mengiyakan saja,saat ini saya ingin kembali rujuk tp istri saya menolak dengan dalih dia uda gak sayang lagi,barangkali umi ada cara supaya saya bisa mengajak kembali istri saya untuk rujuk,bagaimana cara untuk membujuknya supaya mau kembali membuka lembaran baru yng lebih baik…saya akui saya suami yg blm mapan dlm menafkahi keluarga & itulah alasan dia tidak mau kembali padahal saya uda janji saya akan berubah untuk kebaikan & keutuhan keluarga,mohon sarannya umi karna saya gak mau keutuhan keluarga sampai retak karna saya sayang istri & anak saya. Terima kasih Wasalam wr wb

  36. Assalamu’alaikum Umi ….
    Saya tidak dinafkahi suami sudah 9 tahun. Suami tidak bekerja. Saya yang menanggung semua pengeluaran. Sudah setahun selingkuh. Sudah 6 bulan meninggalkan rumah. Tanpa pamit dengan membawa kendaraan anak saya. Laptop, sertifikat rumah digadaikan. Handycam dijual. Punya hutang di bank yang harus saya cicil tiap bulan. Selama ini tidak pernah menelpon dan sms, baik ke saya atau kepada anak2. Anak saya 2. Keduanya sudah kuliah. Telpon saya tidak pernah diangkat dan sms, sesekali saja dibalas seperlunya. Anak2 sakit, atau ada masalah apa saja yang saya sampaikan, tidak ada respon. Beberapa kali ada sms masuk ke HP saya yang isinya menagih hutang suami. Apa yang harus saya lakukan Umi? Sebelumnya, terima kasih Umi. Assalamu”alaikum….

  37. Assalamualikum….
    Saya istri USIA 23 then sayanmau cerita awalnya suami says adalah suami yang sang at baik.CIA slalu bela terhadap says, Dan akhirnya saya hamil setelah saya hamil suamiku jadi beda, pulang malem terus ,seringnkumpul kumpul gak jelas. Dan pada akhirnya saya kesal dan slalu diam terhadapnya,me many ITU kesalhan saya karna mungkin dengan sikap sifat Dan IATA IATA saya membuat batinnya terluka,suatu ketika suamiku slalu membela keluarganya Dan saya pun dengan kondisinhamil slalu rewel Dan berbicara yg tak enak kepadanya bahkan Baku pernaah bilang jelek kepada keluarganya Dan dengan omongan omngan aku suamiku batinnya skit umi.sample diaa 11 hair gaa pulangg krmh karna kesakitannya,Diana blog game ingeet Osama akuu shaking batinnya skit,sampemaku melahirkan suamiku gak pulang2 1 bulan diaa pulang Dan meminta cerai umi ak hrs gmn rasanya skit hati INI ditelantarin suami pas Baku melahirkan ,,,mint a sarannya umi udh Maui 2 bulan Diana g pulang me many akuu salah tapi KNP Diana tegaa mentelantarkan anakk yg baruu bay I dann meminta ceraii,

  38. Assalamualaiikum..Dengan izin Allah yang memiliki hdup dan mati kita,yang memiliki kesukaran,dan kemudhn kta.Sahabt pembaca yg senantiasa Allah muliakan.Sy faisal dr cikarang bekasi.m

  39. Assalamualaikum umi…
    Saya Rani, saya ingin curhat sedikit tentang masalah rumah tangga saya.
    Saya telah menikah 2x. Dari pernikahan pertama sblmnya, saya memiliki 2 anak, dan suami saya memiliki 1 anak dr pernikahan sebelumnya.
    Yang ingin saya ceritakan, saya baru 3 bulan membina rumah tangga saya dengan suami saya. Awal pertemuan kami memang tidak wajar, kami mulai dekat sblm kami masing2 bercerai dr pasangan kami masing2. Kami menemukan kenyamanan dlm berkomunikasi, mendengar dan bersikap, rasa sayang dan cinta. Kami memang memiliki masalah dan tidak harmonis dlm rumah tangga kami yg sebelumnya. Dan alasan perceraian kami dg pasangan kami sblmnya adalah krn ketidakharmonisan, kedekatan kami menjadi penyemangatnya saja. Akan tetapi stlh 3 bulan berumah tangga, ada beberapa dr karakter saya ( menurut suami ) yang tidak sesuai dg dia. Saya keras kepala, saya sering tidak menuruti kemauannya. Yang akhirnya menjadi issue dlm keributan. Pernah suami saya meminta izin saya untuk berpoligami dg mantan istrinya dg alasan anaknya, tapi saya menolaknya dg alasan saya tdk siap dlm segala hal dan saya tidak mau menanggung dosa seumur hidup saya akibat ketidak ikhlasan saya. Saya mengatakan kepadanya, apabila dia ingin menikah lg dg mantan istrinya demi anaknya, ceraikan saya. Akan tetapi saat itu suami saya tdk ingin bercerai dr saya, dan akhirnya dia urung niat untuk poligami. Tetapi permintaan dia utk poligami itu sdh terpatri dlm hati dan otak saya, bahwa dia pernah berniat untuk ‘menduakan’ saya. Jujur saja, itu membuat saya menjadi tidak percaya diri, insecure dan emosi saya menjadi labil. Setiap kali ada masalah, emosi saya meluap2. Pd konflik terakhir, saya dan suami ribut besar, pdhal masalah awalnya hanya hal sepele tetapi selalu berujung pd masalah bahwa dia tidak bisa jauh dr anaknya. Akhirnya dia pergi meninggalkan rumah dg alasan dia butuh waktu untuk sendiri dan berpikir. Saya sdh membujuknya untuk pulang, dan saya sdh memohon2 maaf kepadanya atas kesalahan2 saya yg sdh membentaknya saat keributan terjadi. Dan saya mengatakan saya butuh proses, waktu dan bimbingan dia untuk merubah karakter saya yg keras. Tetapi suami saya blg, kalau dia msh hrs membimbing, buat apa dia jauh dr anaknya?. Akan tetapi stlh 3 minggu dia pergi, kami tidak berkomunikasi lg pd 1 minggu terakhir. Terakhir kami berkomunikasi, dia mengatakan kpd saya bahwa dia meminta maaf pd saya bahwa dia sdh gagal menjadi imam saya dan gagal membahagiakan saya. Dia juga mengatakan bahwa dia tersadar bahwa keputusannya menikahi saya itu adalah keputusan yg terburu2 dan salah krn dia blg dia baru tersadar bahwa kebahagiaannya hanyalah ada pd anaknya, dan dia akan segera menghadap org tua saya. Umi, saya sangat menyayangi dan mencintai suami saya, dibalik kesalahan2 saya, saya sangat menyayangi dan mencintainya. Saya sdh sadar dan menyesali kesalahan2 saya. Saya terlalu keras menghadapinya. Dengan pernyataan dia tadi, saya menangkap bahwa dia ingin berpisah dr saya dan kembali pd mantan istrinya demi anaknya. Yg ingin saya tanyakan, bagaimana cara saya mempertahankan rumah tangga saya, krn saya ingin ini menjadi rumah tangga saya yg terakhir dan tetap menjadi istrinya sampai akhir hayat. Krn kami baru 3 bulan berumah tangga, itu wkt yg terlalu singkat untuk berproses apalagi menyerah. Sekian umi, mohon pencerahannya…terimakasih
    Wasaalamualaikum…

  40. assalmkm umi.mf utk mslh sy ini sdh sy cb diselesaikan.semua aset sy jual utk melunasi utang.tapi blm ketutup semua.saya bingung dan takut dg kemstisn yg kita tdk tau kpn akn dtg.sy sdh pts asa ingin segera membayar utang2 tsb.kurang lbh 100jt an lg.sementara sy seorang pns yg gajinya sdh minus.bfm jln keluarnys? Trmksh wasskm

  41. Assallamualaikum, saya seorang ibu dengan 2orang anak, usia saya 31thn, 14 thn yg lalu saya menikah dengan seorang duda tanpa anak yang usia nya jauh di atas saya, saya rela meninggalkan seseorang yang saya cintai demi menikah dengan nya, dengan harapan dia orang yang lebih tua akan bisa membibing saya dengan kadih sayang yang melimpah, tpi pakta nya tdk sesuai dengan harapan, di awal pernikahan sampai sekarang jika saya tidak membantu dia bekerja saya tidak di kasih napkah lahir, paling dia ngasih uang setahun sekali hanya untuk beli baju lebaran anak anak, dari biaya sekolah anak sampai keperluan apa pun dia tdk pernah memberikan nya kepada saya, untuk bertanya saja berapa biaya sekolah anak dia tdk pernah, awal nya saya berusa untuk sabar, tpi ternyata saya tdk bisa, yg paling menyakitkan buat saya kalau buat keperluan saudara nya hingga uang puluhan juta pun iya berikan tpi kalau untuk saya dan anak anak tdk, saya bingung harua berbuat apa, jika saya ngomong baik baik pada suami, dia selalu marah dan ngengatakan kamu mau enak nya saja, seminggu ini saya tdk membantu dia kerja dengan harapan dia mau memberkin sedikit rezeki nya untuk napkah anak dan istri nya, tpi sampai saat ini dia tdk sadar juga, saya sudah tdk masak, karna memang tdk ada uang buat di belanjakan, ongkos anak ke sekolah sudah saya kurangi dari biasa nya karna uang pegangan saya sudah menipis, saya bingung harus berbuat apa, mohon solusi nya

    • Walaikumsalam Wr WB
      Dear Ibu Salwa ….maafkan atas respon yang lambat
      Suami yang tak mau menafkahi mungkin adalah faktor dari bentuk protes atas ketidakpuasan dalam berhubungan berumah tangga,
      cobalah dikomunikasikan dengan suami ibu, bisa saja suami ibu memang menunggu respon dari ibu atas sikapnya.
      Mungkin suami merasa tidak dicintai atau merasa ibu belum bisa melupakan orang yang ibu cintai
      karena jelas sekali dalam islam bahwa kewajiban suami adalah memberikan nafkah lahir dan bathin kepada keluarganya. dan bilamana dia mampu namun enggan memberi pasti ada sesuatu yang dia tunggu sebagai respon dari ibu.
      Jangan biarkan masalah menjadi berlarut larut , cobalah diselesaikan dengan cara yang baik. Komunikasikan apa penyebab dia enggan menafkahi bukan ibu minta uang , bila tdk ada jalannya juga , cobalah bicarakan dengan pihak keluarga.
      Dalam hal ini kembalikan juga kepada Allah bahwa Rizki adalah seutuhnya hak paten Allah dalam memberinya , dan tidak hanya dari sang suami saja. bisa jadi Allah memberikan rizki tapi tangan orang lain.
      1. Tetaplah dekat dengan Allah apapun yang terjadi
      2. Biasakan Sholat Dhuha walaupun 2 rakaat
      3. MIntalah untuk melunakan hati suami krn hanya Allah yang bisa membolakbalikan hati
      4. Percayakan dan positifkan hati kita , bila suami masih saja pelit dan ibu masih mau bersamanya , ikhlaskan dan jadikan penghasilan ibu sebagai Ladang Sedekah.

      Semoga membantu ya bu🙂

      Salam,

  42. Assalamu’alaikum umi saya mau minta solusi dari maslah saya
    Dari SMA kelas 3 saya sudah menjadi tulang punggung keluarga karena ada percekcokan tanah antara saudara ibu saya dan pada akhirnya bapak saya mulai tidak bekerja hingga sampai skrsudah 10tahun lebih bapak saya ndak bekerja
    Untuk biaya makan biaya bayar tempat tinggal harus saya yang mencari
    Dan pada akhirnya saya terjerumus ke lembah hitam saya bekerja di dunia hiburan untuk bisa memberikan makan keluarga saya kakak adik dan juga kedua orang tua saya
    Lama kelamaan keluarga saya jadi bergantung sama saya hingga sampai saat ini saya yg sudah berusia 28th masih tetap menjadi tulang punggung buat keluarga saya
    Tapi jujur umi saya sudah tidak sanggup lagi bekerja di dunia hiburan dicafe2 untuk menemani orang2 yg ingin happy semisal menemani nyanyi2 gitu sambil minum2an keras
    Sya harus bagaimana umi sungguh saya tidak sanggup lagi
    Hingga sampai sekarang orang tua saya cuma bisa mengandalkan saya
    Kenapa di benak mereka tidak berfikir sedikitpun kalo seandainya saya mati bagaimana mereka menjalani kehidupan
    Oh ya umi selama saya kerja malam hasilnya saya buat nyicil rumah dan sekarang masih belum lunas masih kurang 160jt
    Saya bener2 tidak tau harus bagaimana saya bingung umi
    Sedangkan kakak saya yang satu cacat mental yg yang satunya lagi kerja jd kuli bangunan tapi hasilx di pake dia jajan sendiri adek saya masih sekolah dan bentar lagi lulus SMK
    Mohon solusinya umi sebelumnya trma kasih bnyk
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

  43. Assalamu alaikum….
    Saya seorang istri yg kini berusia 26 tahun… Saya baru melahirkan putra yg skrg masih berusia 7 bulan… Akhir akhir ini saya dengan suami serinh cekcok dirumah… Pertama mungkin krna sama sama lelah bekerja dan pulang selalu malam. Tapi ada satu hal yg membuat saya jenuh,, suami saya selingkuh dengan wanita lain.. Saya tidak tau bagaimana hubungan mereka apakah sudah terlalu jauh atau tidak.. Tp setelah saya melahirkan anak saya usia 4 bulan dia selalu merahasiakan satu hp nya yg tidak boleh saya lihat.. Saya selalu sabar menghadapi tingkah nya yg sekarang mau marah.. Terus mau membentak padahal sebelum nya dia tidak pernah melakukan itu… Saya bingung apa yg harus saya lakukan.. Dalam pikiran saya hanya ingin berpisah… Karna itu akan lebih baik.. Tpi anak saya masih bayi sungguh kasihan dia tumbuh bersama orang tua yg tidak lengkap… Tlong berikan saya solusi mbak… Bantu saya….


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • DINARRAIHAN

    DinarRaihan melayani Jual Beli Dinar Emas more futher add me in your YM : fbr0976@yahoo.com
  • Arsip

  • Almanak

    Desember 2016
    M S S R K J S
    « Nov    
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • Artikel Terbaru